Cuti Bersama Selesai, Saatnya Kembali Fokus Bekerja

Cuti Bersama Selesai, Saatnya Kembali Fokus Bekerja
Foto: Istimewa

JAKARTA-Seluruh jajaran Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) kembali mulai beraktivitas usai melaksanakan libur dan cuti bersama Hari Raya Idulfitri 1445 Hijriah.

Direktur Jenderal Kekayaan Intelektual yang juga Plh Sekretaris Jenderal Kemenkumham Min Usihen mengatakan usai saling bermaafan, saatnya kembali harus fokus bekerja.

“Momen liburan panjang telah menghadirkan euforia dalam benak setiap orang. Suasana yang menyenangkan, penuh sukacita berkumpul bersama keluarga tercinta telah usai,” kata Min Usihen dalam Apel Pegawai dan Halalbihalal Idulfitri 1445 H di lingkungan Kementerian Hukum dan HAM, Selasa (16/4/2024).

Dia mengatakan, suasana tersebut kerap membuat kita terlena, dan ini perlu kita waspadai bersama, jangan sampai kita terkena post holiday blues karena dapat menimbulkan let down effect, efek yang menggambarkan situasi saat energi dalam tubuh seseorang tiba-tiba merosot sehingga semangat kerja menurun dan imun juga menurun.

“Oleh karena itu, Saya berharap libur lebaran yang panjang ini dapat me-recharge diri kita semua untuk membangun semangat baru dan kembali bekerja dengan semangat yang lebih kuat,” ujarnya.

Min Usihen mengingatkan, sebagai Aparatur Sipil Negara yang bertanggung jawab dan amanah dalam menjalankan tugas dan fungsi, sudah sepantasnya kita terus memperbaharui informasi, meningkatkan kompetensi, dan selalu memperkuat kinerja serta peran kita menuju arah yang lebih baik.

Agar agenda-agenda strategis nasional yang menjadi prioritas kita bersama betul-betul bisa dipastikan terselenggara dengan baik, Min Usihen menyampaikan beberapa atensi yang harus segera ditindaklanjuti dengan sebaik-baiknya.

“Segera laksanakan kegiatan sesuai dengan kalender kerja 2024 yang telah disusun bersama,” ujar dia.

Lakukan percepatan dalam merealisasikan anggaran secara transparan dan akuntabel.

“Tugas saudara-saudaramenggerakkan anggaran mencapai sesuatu output bermanfaat, outcome yang terukur dan impact yang jelas kepada masyarakat. APBN 2024 harus sukses, harus akuntabel dan mampu menjadi bukti bahwa Kemenkumham mampu menjadi yang terbaik,” kata Min Ushien.

Bbekerja fokus dan senantiasa on the track, untuk mencapai tujuan. Bersikap jujur, ikhlas dan berintegritas sehingga hasilnya dapat dipertanggungjawabkan secara fisik dan moral kepada masyarakat, bangsa, dan Negara.

Bangun budaya pelayanan prima agar kita mampu menyajikan hasil kinerja secara terukur kepada publik dan stakeholder sehingga publik memperoleh informasi secara cepat dan akurat.

Berinisiatif membuat terobosan yang kreatif, melalui pengelolaan sumber daya yang ada, serta mampu berpikir out of the box sehingga menghasilkan solusi yang bermanfaat dan bermartabat serta menciptakan legacy bagi organisasi.

Terakhir, Min Usihen berpesan bahwa dalam bekerja dan mengabdi untuk menjalankan tugas harus terus kita perbaharui. Karena ke depan, tantangan akan semakin berat, pola kerja pun harus semakin baik.

“Pada akhirnya, segala sesuatu yang akan kita hadapi dan yang telah kita jalani tetap dalam semangat berkarya, berkinerja nyata secara profesional dan akuntabel, dilaksanakan secara sinergis dan transparan serta senantiasa dilakukan inovasi menuju kearah yang lebih baik lagi,” pungkasnya.