CCEP Indonesia Raih Penghargaan Indonesia Green and Sustainability Companies 2023
JAKARTA - Coca-Cola
Europacific Partners Indonesia (CCEP Indonesia) meraih penghargaan pada ajang
Indonesia Green and Sustainable Companies 2023 dari SWA Media Group.
Penghargaan diserahkan langsung oleh oleh Kemal E. Gani,
Chief Editor SWA Media Group dan Alexander Sonny Keraf, Ketua Dewan Juri kepada
CCEP Indonesia yang diwakilkan oleh Lucia Karina, Public Affairs,
Communications, and Sustainability CCEP Indonesia & PNG, Kamis (11/5/2023).
“Suatu kebanggaan dapat menerima penghargaan Indonesia Green
and Sustainable Companies Award 2023 ini. Penghargaan ini merupakan apresiasi
terhadap upaya kami dalam melakukan bisnis yang bertanggung jawab dengan
mengutamakan kesehatan dan keselamatan karyawan, serta berkontribusi terhadap
keberlanjutan komunitas dan lingkungan, sembari memastikan penerapan prinsip-prinsip
keberlanjutan dan hak asasi manusia untuk masa depan yang lebih baik,†ucap
Karina melalui keterangan tertulis, Sabtu (20/5/2023).
Pada kesempatan yang sama, Ketua Dewan Juri yang juga
Menteri Negara Lingkungan Hidup Republik Indonesia, periode 1999-2001,
Alexander Sonny Keraf mengapresiasi komitmen keberlanjutan
perusahaan-perusahaan peserta IGSCA 2023 kali ini.
Menurutnya, perusahaan memiliki peran yang sangat krusial
dalam upaya menjawab segala tantangan terkait keberlanjutan, terutama
lingkungan dan sosial.
“Perusahaan berperan sangat penting mengatasi persoalan
lingkungan dan sosial yang kita hadapi bersama hari ini. Perusahaan-perusahaan
peserta IGSCA 2023 ini merupakan deretan perusahaan yang sudah punya komitmen
dan tekad kuat untuk mengalihkan model bisnisnya ke arah sirkular dari yang
semula linear. Hal ini cukup penting dalam upaya kita menjawab tantangan yang
kita hadapi hari ini,†ucap Sonny Keraf.
Atas komitmen dan segala inisiatif keberlanjutan yang
diterapkan oleh perusahaan, CCEP Indonesia berhasil meraih predikat “Very Goodâ€
untuk kategori manufaktur, sekaligus merupakan perusahaan FMCG terbaik pada
kategori ini. Kesuksesan CCEP Indonesia meraih predikat tersebut didapatkan
setelah melewati beberapa tahap perlombaan, mulai dari kelengkapan dokumen,
penyampaian materi, hingga penjurian, yang dilaksanakan sejak bulan Maret lalu.
Sebanyak 21 perusahaan bersaing pada ajang kali ini.
Sejumlah perusahaan peserta berasal dari lintas sektor industri, mulai dari
pertambangan, perkebunan, retail, hingga perbankan dari berbagai skala industri.
Melalui komitmen berupa rencana keberlanjutan yang disebut
“This is Forwardâ€, CCEP Indonesia dinilai berhasil menerapkan prinsip-prinsip
keberlanjutan di kegiatan operasionalnya. Dalam rencana keberlanjutan
perusahaan, CCEP Indonesia menitik beratkan enam pilar sebagai aspek utama
prinsip keberlanjutan, yaitu Iklim, Kemasan, Produk Minuman, Sosial, Air, dan
Rantai Pasok. Sebagai perusahaan global, CCEP Indonesia tetap mempertimbangkan
kerangka lokal dalam penerapan keenam pilar keberlanjutan tersebut dalam
berbagai inisiatif.
Salah satu inisiatif terbesar CCEP Indonesia dalam hal
penerapan prinsip keberlanjutan dapat ditemui pada langkah investasi
pengelolaan sampah melalui kehadiran pabrik daur ulang kemasan PET, Amandina
Bumi Nusantara dan Yayasan Mahija Parahita Nusantara. Investasi yang dilakukan
bersama dengan Dynapack Asia ini diharapkan mampu membantu menjawab tantangan
pengelolaan sampah di Indonesia.
Prinsip keberlanjutan telah menjadi landasan utama dalam
pengembangan bisnis CCEP secara global. Hal ini didasarkan pada keyakinan bahwa
kesuksesan perusahaaan terkait erat dengan kesejahteraan bumi dan pemangku
kepentingannya.