Unila Seleksi Dosen Anugerah Academic Leader 2024

Unila Seleksi Dosen Anugerah Academic Leader 2024
Foto: Istimewa

BANDARLAMPUNG -Sebanyak enam sampai tujuh dosen siap menjadi nomine dalam ajang Anugerah Academic Leader 2024. Proses seleksi dosen digelar di Hotel Emersia, Bandarlampung, Selasa (4-6-2024). 

Ajang ini diharapkan bisa memacu para dosen dalam mengembangkan ide kreatif dalam mengimplementasikan Merdeka Belajar, Kampus Merdeka. Termasuk secara nyata berkontribusi terhadap pencapaian indikator kinerja utama (IKU) bagi PTN.

“Keberhasilan perguruan tinggi dalam mencapai IKU sangat ditentukan oleh dosen sebagai academic leader, yang memiliki visi keilmuan jelas dan menginspirasi rekan sejawat,” jelas Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan Universitas Lampung (Unila) Dr. Habibullah Jimad.

Seleksi awal berdasarkan data hasil penjaringan internal melalui google form, SISTER Dikti, dan SINTA bagi dosen yang berpendidikan doktor dengan jenjang jabatan guru besar dan/atau lektor kepala.

Selanjutnya, tim seleksi melakukan desk evaluation dan verifikasi untuk menentukan enam sampai tujuh dosen dengan nilai tertinggi pada masing-masing kategori. Mereka menjadi nominee untuk mengikuti proses penilaian lanjutan yaitu presentasi.

Hasil akhir proses presentasi, tim penilai akan menetapkan satu dosen sebagai academic leader pada masing-masing kategori yang akan mewakili Unila pada seleksi empat nasional Anugerah Academic Leader 2024 di Dirjen Diktiristek yang dilaksanakan akhir Juni 2024.

Dalam proses seleksi ini, Unila melakukan seleksi untuk delapan kategori pada berbagai disiplin ilmu, yaitu Dosen sebagai Academic Leader bidang Sosial Humaniora, Dosen sebagai Academic Leader bidang Kependidikan, Dosen sebagai Academic Leader bidang Kesehatan.

Lalu, Dosen sebagai Academic Leader bidang Sains, Dosen sebagai Academic Leader bidang Teknologi, Dosen sebagai Academic Leader bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi, Dosen sebagai Academic Leader bidang Pertanian, dan Dosen sebagai Academic Leader bidang Kemaritiman.

Habibullah berharap, Unila mampu mengusung satu dosen terpilih yang dapat menjadi representatif Unila dalam ajang Anugerah Academic Leader 2024 di Dirjen Diktiristek dan dapat memberikan hasil terbaik untuk Unila.