TNI AU Bombardir Tulangbawang

TNI AU Bombardir Tulangbawang
Foto: Istimewa

TULANGBAWANG-Pasukan elit Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara (TNI AU) dari Pasukan Komando Udara I memborbardir Kabupaten Tulangbawang, Lampung, dengan berbagai jenis bom dan mortir.

Situasi itu merupakan latihan tempur yang dilakukan TNI AU di Lanud Pangeran M Bun Yamin, Kampung Astra Ksetra, Kecamatan Menggala, Kabupaten Tulangbawang, Selasa (11-6-2024).

Latihan tersebut tidak hanya menampilkan kekuatan fisik dan strategi perang, namun juga menunjukkan kesiapan pasukan dalam menghadapi berbagai skenario pertempuran.

Latihan tempur ini selain untuk unjuk kekuatan, juga mempererat hubungan antara TNI AU dengan masyarakat. Ribuan warga yang hadir tampak antusias menyaksikan kemampuan dan kepiawaian pasukan elit TNI AU, serta menambah wawasan mereka tentang pertahanan negara.

Latihan seperti ini diharapkan dapat terus dilakukan secara rutin untuk menjamin kesiapan dan kehandalan TNI AU dalam menghadapi berbagai ancaman, serta sebagai wujud transparansi dan akuntabilitas terhadap masyarakat.

Komando Pasukan Gerak Cepat (Kopasgat) pun ikut serta menunjukkan kepiawaian dan profesionalismenya dalam melaksanakan simulasi latihan perang. Kopasgat memperagakan beragam taktik tempur, mulai dari serangan udara hingga operasi penyelamatan, yang semuanya dilakukan dengan ketelitian dan koordinasi yang tinggi.

Di sela-sela latihan, Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Tonny Harjono mengatakan, kegiatan ini merupakan dua latihan yang dikemas menjadi satu, yakni Jalak Sakti Koopsud I dan Trisula Perkasa.

“Latihan ini menunjukkan kekuatan alutsista di jajaran Koopsud I,” jelas Marsekal Tonny.

Latihan ini, menurut Marsekal Tonny, juga merupakan bentuk akuntabilitas TNI AU kepada masyarakat Indonesia.

“Kami sudah dilatih secara profesional, dan ini ditunjukkan dalam kegiatan-kegiatan tersebut,” imbuhnya. Marsekal Tonny menjelaskan, pelatihan ini akan dikemas dalam bentuk pelatihan puncak TNI AU yang diberi nama Angkasa Yudha.

Lebih lanjut, Marsekal Tonny mengungkapkan rencana untuk kembali melakukan latihan tempur lagi pada bulan Oktober atau November 2024. “Saya sangat puas dengan hasil latihan pada hari ini, karena target yang telah ditetapkan berhasil dihancurkan,” ujarnya seraya menekankan kepuasannya terhadap hasil performa pasukannya.

Latihan tempur tersebut disaksikan langsung Pj Bupati Tulangbawang Qudrotul Ikhwan bersama sejumlah pejabat setempat.