Tingkatkan Kesejahteraan, Kesra Tulangbawang Barat Gandeng Berbagai Pihak

Tingkatkan Kesejahteraan, Kesra Tulangbawang Barat Gandeng Berbagai Pihak
Foto: Aprizal Aris Mananda/monologis.id

TULANGBAWANG BARAT-Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Sekretariat Daerah Kabupaten Tulangbawang Barat, Lampung, berkolaborasi dengan berbagai pihak untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Kepala Bagian Kesra Tulangbawang Barat, Nurkholis Majid, mengungkapkan bahwa pihaknya menggandeng Dewan Masjid Indonesia (DMI), Badan Amil Zakat Nasional (Baznas), Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS), dan perusahaan BOSTER Indonesia.

“Kolaborasi tersebut telah sukses melaksanakan berbagai program. Fokusnya pada pengembangan Masjid dan Musala,” ujar Nurkholis, Selasa (9/1/2023).

Dia mengatakan, salah satu kegiatan unggulan adalah pelatihan khotib masjid dan lomba naskah khutbah Jumat oleh DMI Tulangbawang Barat.

Selain itu, kerjasama yang telah dibangun dengan Yayasan Bina Muwahidin Surabaya dan dukungan donatur Arab Saudi telah  berhasil membangun 15 masjid dan musala di tiga kecamatan.

"DMI Tulangbawang Barat juga telah menggelar seminar digitalisasi masjid dan musala, serta sosialisasi BPJS Ketenagakerjaan untuk lebih dari 600 tempat ibadah se-Tulangbawang Barat. Kegiatan ini mendapatkan dukungan penuh dari BPJS, BSI, dan D’BOSTER, dengan pendanaan dari BPJS dan Baznas Tulangbawang Barat," jelasnya.

Lanjutnya, saat ini fokus utama Bagian Kesra Sekda Tulangbawang Barat adalah mendukung program K3W dan Nenemo Mandiri Pangan. Dalam rencana kerjasama mendatang, DMI Tulangbawang Barat akan bekerja sama dengan OJK dan pihak ketiga lainnya untuk meningkatkan kesejahteraan pengurus masjid, sejalan dengan visi masjid sebagai pilar utama dalam pembangunan masyarakat.

Dalam acara tersebut, Pemda Tulangbawang Barat menyalurkan bantuan kepada beberapa masjid dan mushola di tiga kecamatan, termasuk santunan senilai 42 juta dari BPJS kepada pengurus masjid yang meninggal dunia.

"DMI juga memberikan buku infrastruktur rencana pembangunan masjid kepada Pj Bupati Tulangbawang Barat, sementara D’BOOSTER dan Baznas Tulangbawang Barat membantu pembayaran bulanan BPJS untuk para pengurus masjid di Tulangbawang Barat. Semua langkah ini diharapkan memberikan perhatian dan kesejahteraan lebih kepada para pengurus masjid di daerah tersebut," imbuhnya.

Nurkholis menambahkan, pada Mei 2024 DMI Tulangbawang Barat bersama berbagai pihak termasuk Baznas, Pemda Tulangbawang Barat, perbankan, organisasi keagamaan, dan kampus STES Tunas Palapa Tulangbawang Barat, akan menggelar "Gebyar Amal Jilid 2."

Acara ini diharapkan menjadi momentum besar dalam mendukung kegiatan sosial dan pemberdayaan masyarakat.