Rektor Pimpin Rapat Sosialisasi RKA 2024

Rektor Pimpin Rapat Sosialisasi RKA 2024
Foto: Istimewa

BANDARLAMPUNG - Rektor Universitas Lampung (Unila) Prof Lusmeilia Afriani, memimpin rapat Sosialisasi Arah Kebijakan Rencana Kerja dan Anggaran (RKA) Unila dan Tata Kelola Pelaksanaan Anggaran Tahun Anggaran 2024 di ruang pertemuan Swissbell Hotel, Rabu (11/10/2023).

Kegiatan ini turut dihadiri jajaran wakil rektor, kepala biro, dekan, direktur pascasarja, ketua lembaga, wakil dekan bidang umum dan keuangan, kepala UPT hingga jajaran unit kerja baik bidang keuangan maupun perencanaan.

Prof. Lusmeilia Afriani saat memberikan pengarahan menyampaikan bahwa dalam rangka mempersiapkan internasionalisasi perguruan tinggi, ia mengajak para pimpinan dari tingkat fakultas hingga unit terkecil untuk bersama-sama fokus pada penyusunan anggaran berbasis kebutuhan yang berorientasi pada peningkatan kualitas sarana prasarana dan layanan pendidikan.

Fakultas dan unit kerja diharapkan mampu menyusun program, kegiatan, dan subkegiatan sesuai dengan prioritas dan kebutuhan yang berorientasi langsung pada peningkatan layanan prima, pencapaian IKU dengan memperhatikan prinsip efisiensi, efektivitas, kepatutan, kewajaran, dan akuntabel.

Selanjutnya, alokasi anggaran untuk setiap fakultas dan unit kerja ditentukan berdasarkan target dalam mendukung prioritas pelaksanaan program pendidikan tinggi dan tidak dilakukan berdasarkan pertimbangan pemerataan antarfakultas dan unit kerja atau berdasarkan alokasi anggaran pada tahun anggaran sebelumnya.

“Salah satu upaya Unila untuk menuju status PTNBH adalah dengan mengoptimalkan rencana kerja dan anggaran yang mampu meningkatkan generating income,” imbuhnya.

Sesuai program unggulan Rektor “BE STRONG”, maka dalam pencapaian target dan sasaran strategis yang ditetapkan, unit kerja diharapkan dapat menganggarkan program berdasarkan skala prioritas yaitu dengan cara memastikan hanya program dan kegiatan benar-benar bermanfaat yang dialokasikan, bukan sekadar tugas dan fungsi unit kerja yang bersangkutan.