Pemkab Tulangbawang Barat Sosialisasikan SP4N- Lapor

Pemkab Tulangbawang Barat Sosialisasikan SP4N- Lapor
Kepala Dinas Kominfo Tulangbawang Barat, Eri Budi Santoso Foto: Rosid/monologis.id

TULANGBAWANG BARAT–Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tulangbawang Barat, Lampung, menggelar sosialisasi Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional, Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (SP4N- Lapor), Senin (20/11/2023).

Penjabat (PJ) Bupati Tulangbawang Barat, M.Firsada, melalui Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Eri Budi Santoso mengatakan, dalam era yang serba digital seperti saat ini, pelayanan yang cepat, efisien serta transparan menjadi suatu hal yang tak ter-elakkan.

“Oleh karena itu, sebagai pelayan masyarakat, kita harus terus dapat beradaptasi berinovasi agar dapat memberikan pelayanan yang terbaik dengan  memanfaatkan kemajuan teknologi saat ini,” ujarnya.

Menurut Eri, kegiatan merupakan langkah konkret Pemkab Tulangbawang Barat dalam upaya meningkatkan pelayanan publik yang efektif, transparan, dan akuntabel melalui pemanfaatan teknologi dan informasi.

Dalam menghadapi era digitalisasi ini, Pemkab Tulangbawang Barat harus selalu siap untuk terus berinovasi dan memperbaiki layanan publik demi kesejahteraan dan kepuasan masyarakat.

“Sebagaimana kita ketahui, teknologi informasi dan komunikasi telah membawa perubahan mendasar dalam berbagai aspek kehidupan kita, termasuk dalam bidang pelayanan publik,” kata Eri.

SP4N  lapor adalah sebuah sistem pengelolaan layanan penyampaian semua aspirasi dan pengaduan pelayanan publik segala berjenjang di setiap penyelenggaraan dan dalam informasi pelayanan publik secara terintegrasi dengan laman web, SP4N LAPOR.

"Jadi di setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) nantinya ada operator nya Masing-masing. Dan sosialisasi ini kita harapkan agar  Masing-masing teman di OPD untuk dapat menjalankan fungsi tersebut,"ujarnya

Selain itu  Eri juga menegaskan, penting bagi kita semua untuk menjaga keamanan dan kerahasiaan data yang ada dalam sistem ini. Data yang dikumpulkan melalui SP4N Lapor harus dijamin kerahasiaannya dan hanya digunakan untuk tujuan yang sesuai.

“Saya berharap, agar acara Sosialisasi dan Bimbingan Teknis SP4N Lapor ini dapat memberikan wawasan dan pemahaman yang bermanfaat bagi setiap peserta agar Masing-masing OPD dapat menindaklanjuti laporan masyarakat untuk percepatan dalam kontek kepuasan dalam segi pelayanan publik. Oleh Karena itu mari kita terus berkolaborasi dengan baik agar implementasi sistem ini menjadi sukses dan memberikan dampak positif khususnya bagi masyarakat di daerah yang kita cintai ini,” tandasnya.

Dalam kegiatan tersebut hadir sebagai Narasumber,  Kementerian Dalam Negeri Hasan dan Ardian Rachmawan serta  Sekda Tulangbawang Barat, Novriwan Jaya.(ADVERTORIAL)