MI Kotaguring Lampung Selatan Peringati Hari Santri

MI Kotaguring Lampung Selatan Peringati Hari Santri

LAMPUNG SELATAN – Madrasah Ibtidaiyah (MI) Desa Kotaguring, Kecamatan Rajabasa, Lampung Selatan menggelar upacara peringatan Hari Santri Nasional (HSN) 2022 di halaman Madrasah, Sabtu (22/10/2022).

Upacara dihadiri seluruh siswa-siswi madrasah tersebut dan wali murid

Dalam amanatnya, Kepala MI Desa Kotaguring Ratna Juwita mengatakan, berkaca pada sejarah, hari santri merujuk pada keluarnya resolusi jihad pada 22 oktober 1945 yang memantik terjadinya peristiwa heroik 10 November 1945 di Surabaya yang kemudian diperingati sebagai hari pahlawan.

“Hari santri berdasarkan Keputusan Presiden nomor 22 tahun 2015. Hal ini merupakan babak baru dalam sejarah umat Islam di Indonesia yang juga merupakan harmoni relasi wujud antara pemerintah dan umat Islam, khususnya kaum santri,” ujar Ratna.

Ratna berharap kepada wali murid untuk sama sama dapat menjadi pelopor perdamaian ditengah maraknya hoaks, ujaran kebencian, polarisasi simpatisan politik, propaganda kekerasan, hingga yang menjadi permasalahan bangsa.

"Momen ini juga saya jadikan agar wali murid tetap memberikan edukasi yang positif pada anak anak nya sesampai di rumah dan mendidik anak-anak untuk tetap semangat menuntut ilmu agama," imbuhnya

Hampir di semua daerah di Indonesia, bahkan hingga pelosok negeri, ada Madrasah Ibtidaiyah (MI).  Dia berharap, dengan peringatan hari santri, para siswa-siswi dapat lebih semangat lagi dalam belajar.

"Kepada anak-anak ku selesai lulus di MI, agar tetap semangat belajar menuntut ilmu agamanya, dan yang sudah lulus juga bisa melanjutkan di pondok pesantren," tutupnya.