Fakultas Pertanian Unila Gelar Workshop Jurnal THIP 2024

Fakultas Pertanian Unila Gelar Workshop Jurnal THIP 2024
Foto: Istimewa

BANDARLAMPUNG-Jurusan Teknologi Hasil Pertanian (THP), Fakultas Pertanian (FP), Universitas Lampung (Unila) menggelar Workshop Jurnal TIHP 2024, Kamis (1/2/2024).

Workshop tersebut mengangkat topik peningkatan mutu jurnal Teknologi dan Industri Hasil Pertanian (TIHP) menuju jurnal internasional diikuti 50-an peserta, terdiri dari ketua pengelola jurnal di lingkungan fakultas pertanian, tim editorial jurnal TIHP, serta Dosen Jurusan THP.

Ketua panitia workshop Prof Neti Yuliana menyampaikan, kegiatan ini dilatarbelakangi keinginan untuk meningkatkan posisi jurnal TIHP menjadi peringkat lebih tinggi dan menjadi jurnal dengan peringkat internasional.

FP Unila mengundang dua narasumber yaitu Ketua Jurnal Teknik Pertanian Prof. Agus Haryanto dan Managing Editor Jurnal Hama dan Penyakit Tumbuhan Tropika Dr. Radix Suharjo, untuk membedah jurnal TIHP, serta memberi masukan, sekaligus berbagi pengalaman dalam tata kelola jurnal.

Prof. Neti Yuliana juga menyampaikan profil dari JTIHP. Journal history menunjukkan Jurnal TIHP termasuk jurnal yang sudah tua, dengan penerbitan perdana pada tahun 1997. Terakreditasi pertama kali tahun 2018 dengan peringkat Sinta-3, setahun kemudian naik peringkat Sinta-2, dan kembali ke Sinta-2 pada 2023.

Profil artikel dua tahun terakhir menunjukkan, naskah yang diterbitkan >90% berbahasa Indonesia, baru satu artikel yang berbahasa Inggris, didominasi topik teknologi proses (85%), author eksternal 85%. Semua naskah direviu eksternal dan internal dengan rasio 1:1. Sebaran author umumnya dari universitas di Sumatra dan Jawa, beberapa dari Bali, Gorontalo, dan Tanjung Pura.

Reviewer eksternal melibatkan dosen universitas negeri dan swasta dan beberapa lembaga penelitian. Belum melibatkan reviewer internasional. Profile editorial board, terdiri dari lima internal dan dua eksternal dan belum melibatkan editor internasional.

Dengan gelaran workshop jurnal THIP 2024, diharapkan kegiatan ini dapat meningkatkan mutu jurnal TIHP menuju jurnal internasional.