Bunda Paud Lampung Tengah: Masa Usia Emas Anak di Bawah Lima Tahun

Bunda Paud Lampung Tengah: Masa Usia Emas Anak di Bawah Lima Tahun
Bunda Paud Lampung Tengah, Mardiana Musa Ahmad | Foto: Istimewa

LAMPUNG TENGAH - Bunda Paud Lampung Tengah, Mardiana Musa Ahmad , menyebut masa usia emas anak usia dini atau golden age sebagai masa "golden period'.

“Di usia ini anak mengalami pertumbuhan otak yang sangat pesat sekali. Oleh karena itu orang tua harus memperhatikan asupan makanan yang bergizi untuk anak, menstimulasi perkembangan anak dengan kegiatan yang menarik dan menyenangkan agar seluruh proses pertumbuhan dan anak terpenuhi secara maksimal,” kata Mardiana saat membuka gebyar Anak PAUD Himpaudi di PAUD Al-Istifadah Kampung Haduyang Ratu, Kecamatan Padang Ratu, Sabtu (11/5/2024)

Mardiana mengatakan, perkembangan lima tahun pertama kehidupan anak merupakan masa pesat perkembangan otak hingga masa ini sering disebut sebagai golden periode.

“Bahkan, anak di usia 5 tahun pertama diketahui punya kemampuan photographic memory, mengingat seperti mata kamera. Di atas lima tahun, kemampuan memorinya menurun,” kata dia.

Menurutnya, hak anak saat usia itu adalah waktunya bermain jadi biarkan saja mereka bermain karena dengan bermain stimulusnya akan berkembang, tapi orang tua boleh arahkan bermainnya anak pada hal hal positif.

“Ajak anak untuk mengembangkan peraba, perasa, penglihatan, dan geraknya. Dunia anak adalah dunia bermain, kegiatan bermain stimulasi yang bisa kita berikan kepada merupakan anak. Melalui bermain banyak hal yang salah satu bentuk didapat oleh anak juga seluruh aspek perkembangan anak terstimulasi, perkembangan sosial emosional, moral dan agama, bahasa, fisik motorik, seni dan kognitifnya,” kata Mardiana.

Ketua panitia yang Ketua PC Himpaudi Kecamatan Padang Ratu Suparno Ahmad mengatakan kegiatan ini merupakan agenda tahunan pengurus cabang Himpaudi kecamatan Padang Ratu, sedangkan peserta dan undangan berjumlah 200 orang, sedangkan tujuan dari gebyar kali ini adalah memberikan pemahaman kepada kita semua, bahwa pentingnya akan pendidikan anak usia dini, menggali potensi PTK dan peserta didik Paud sehingga kedepan bisa berkembang dengan baik.

Acara yang digelar dalam rangka peringatan Hari Pendidikan 2024 dimeriahkan berbagai lomba, diantaranya, gerak dalam lagu atau tarian bebas setiap lembaga mengirimkan 1 tim dan Lomba Karaoke Sholawat.