Tulangbawang Miliki Tempat Rehabilitasi Narkoba

Tulangbawang Miliki Tempat Rehabilitasi Narkoba
Foto: Istimewa

TULANGBAWANG–Kabupaten Tulangbawang, Lampung, kini memiliki tempat rehabilitasi narkoba yang berlokasi di Jl Perintis, Kampung Tritunggal Jaya, Kecamatan Banjaragung.

Tempat rehabilitasi narkoba miliki Yayasan Cahaya Putra Selatan (YCPS) tersebut diresmikan Pj Bupati Tulangbawang Qudrotul ikhwan, Senin (12/2/2024).

Qudrotul menyatakan bahwa narkoba merupakan musuh terbesar bagi kemajuan Bangsa dan Negara.

“Kabupaten Tulangbawang serius dalam memerangi peredaran dan penyalahgunaan narkotik dan obat-obatan terlarang,“ ucapnya.

Qudrotul mengucapkan terima kasih kepada BNN dan pihak-pihak terkait lainnya yang terus bersinergi dengan Pemerintah Tulangbawang untuk bersama memerangi peredaran narkotika dan obat-obatan terlarang.

Sementara, Kapolres Tulangbawang AKBP James Hutajulu menjelaskan, terdapat dua pola dalam rehabilitasi narkoba.

Pertama, rehabilitasi medis. Menurut Undang-Undang no 35 tahun 2009, rehabilitasi medis merupakan langkah pengobatan medis yang dilakukan oleh tenaga ahli melalui tahapan tahapan yang tersusun dan terpadu untuk membantu seorang korban penyalahguna terlepas dari narkoba.

Kedua, rehabilitasi sosial. Pengguna narkoba tidak hanya menderita secara fisik, namun juga secara mental. Akibat langsung dari gangguan mental penyalahguna narkoba adalah sikap sosial yang buruk. Tidak sedikit pengguna narkoba terdiskriminasi di lingkungan masyarakatnya karena stigma negatif yang dibawa oleh narkoba tersebut.