Sekda Kota Bandarlampung Sidak Kehadiran ASN Usai Lebaran

Sekda Kota Bandarlampung Sidak Kehadiran ASN Usai Lebaran
Foto: Istimewa

BANDARLAMPUNG - Pelaksana Tugas Sekretaris Daerah Kota Bandaralampung, Khaidarmansyah melakukan inspeksi mendadak (sidak) terhadap kehadiran aparatur sipil negara (ASN) pada hari pertama kerja usai Lebaran 1444 hijriah.

"Kami melakukan sidak pegawai ke seluruh OPD yang ada di lingkungan Pemkot Bandarlampung usai mudik Lebaran," kata Khaidarmansyah, Rabu (26/4/2023).

Ia mengatakan bahwa berdasarkan hasil sidak dan pemeriksaan absen di setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD), hampir seluruh pegawai masuk di hari pertama kerja usai Lebaran.

"Alhamdulillah seperti yang kita lihat, setiap OPD ramai dengan pegawai yang masuk kerja," kata dia.

Ia mengatakan bahwa apabila ditemukan ASN Bandarlampung yang tidak masuk hari pertama kerja usai Lebaran tanpa alasan yang jelas maka akan dikenakan sanksi sesuai ketentuan yang berlaku.

"Sanksi tentang disiplin PNS, paling tidak pemberian sanksi teguran tingkat ringan, sedang sampai keras. Nanti dilihat tingkat kesalahannya," kata dia.

Namun begitu, lanjut dia, bagi pegawai yang masih mudik atau belum pulang, diberikan kesempatan untuk mengambil cuti tambahan dengan mengurangi hak cuti tahunannya.

"Tapi bagi yang berada di Bandarlampung, harus masuk kerja, dibuktikan dengan shareloc. Nah untuk yang masih di luar kota sebagaimana instruksi Presiden Joko Widodo bisa mengajukan cuti tambahan dengan mengurangi jatah cuti tahunannya," kata dia.