RTH Agro Forestry Bandaragung Jadi Lokasi “Bunga Kampung”

RTH Agro Forestry Bandaragung Jadi Lokasi “Bunga Kampung”
Foto: Deni Fernando/monologis.id

LAMPUNG TENGAH – Bupati Lampung Tengah Musa Ahmad kembali menggelar Program Bupati Ngantor di Kampung atau Bunga Kampung. Kali ini yang menjadi lokasi program tersebut yakni Dusun V Kampung Bandaragung, Kecamatan Terusannunyai.

Menariknya, kegiatan itu digelar di ruang terbuka hijau (RTH) Agro Forestry milik kampung setempat.

Pemilihan lahan hijau nan asri tersebut beralasan, selain untuk memberikan pelayanan yang nyaman untuk masyarakat, juga untuk memperkenalkan potensi lahan yang dimiliki kampung.

Camat Terusannunyai Effendi Arbain menjelaskan jika Agro Forestry merupakan lahan terbuka hijau yang dimanfaatkan oleh masyarakat dan aparatur kampung untuk dijadikan kawasan wisata.

"Alhamdulillah Bunga Kampung Mekar di Dusun ini bisa kami selenggarakan di Agro Forestry, lahan hijau di tengah kampung yang dulunya adalah rawa yang dibiarkan begitu saja," kata Effendi Arbain, Kamis (25/5/2023).

Ia melanjutkan, Agro Forestry saat ini telah menjadi kawasan hijau yang berdaya fungsi dengan adanya beberapa fasilitas bagi masyarakat beraktivitas.

"Di sini sudah ada saung untuk warga sekedar duduk dan menghabiskan waktu, serta joging track yang sudah kita buat juga, sehingga lahan ini benar-benar dari kampung untuk kampung," imbuhnya.

Camat juga menerangkan, adanya Agro Forestry menjadi program berdayaguna, bagaimana pemanfaatan potensi kampung yang digunakan untuk kepentingan kampung itu juga.

Kepala Kampung Bandaragung, Selamet Sutopo menerangkan jika penyelanggaraan Bunga Kampung Mekar di Dusun yang merupakan kelanjutan program Bunga Kampung yang digagas Bupati Musa Ahmad sangat besar manfaatnya dirasakan masyarakat.

"Program Bunga Kampung Mekar di Dusun ini sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat kami. Masyarakat bisa mendapatkan pelayanan yang selama ini dirasa belum bisa mereka lakukan," kata Selamet Sutopo.

Dengan adanya pelayan masyarakat yang langsung menyentuh mereka, Sutopo yakin cita-cita mewujudkan masyarakat Lamteng berjaya dapat direalisasikan.

Program Bunga Kampung Mekar di Dusun di Kecamatan Terusannunyai dihadiri juga oleh Danramil, Kapolsek, Kepala KUA, kepala kampung dan juga masyarakat.