Kemenkumham Banten Ikuti Pembinaan Pengunggahan Data Dukung P2HAM

Kemenkumham Banten Ikuti Pembinaan Pengunggahan Data Dukung P2HAM
Foto: Istimewa

SERANG-Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Banten mengikuti pembinaan dan pendampingan penggunggahan Data Dukung Pelayanan Publik Berbasis HAM (P2HAM) secara virtual melalui zoom meeting, Rabu (19-6-2024). 

Kegiatan tersebut diselenggarakan Direktorat Jenderal Hak Asasi Manusia Kemenkumham.

Kepala Bidang HAM Haryanto dan jajaran mewakili Kemenkumham Banten. Sementara, pendampingan dipimpin langsung oleh Direktur Diseminasi dan Penguatan HAM, G.A.P. Suwardani.

Dalam pendampingan disampaikan terdapat tiga kriteria dalam pemenuhan data dukung P2HAM.

“Dalam memenuhi atau menggunggah data dukung P2HAM berdasarkan pada tiga kriteria yaitu Ketersediaan Aksesibilitas, Ketersediaan Sarana dan Prasarana, dan Ketersediaan Sumber Daya Manusia dan Petugas,” ujar Suwardani.

Lebih lanjut dijelaskan pemenuhan yang harus dilakukan pada masing-masing kriteria.

Pada kriteria ketersediaan aksesibilitas contohnya harus memenuhi maklumat layanan, penanganan pengaduan, layanan khusus kelompok rentan, dan lainnya.

Pada kriteria ketersediaan sarana dan prasarana harus memenuhi poin tersedianya toilet ramah disabilitas, ruang laktasi, ruang bermain anak, dan lainnya.

Sedangkan pada kriteria Ketersediaan SDM dan Petugas harus memenuhi poin Rasio Layak Petugas dengan Penerima Layanan, Petugas Khusus yang melayani Kelompok Rentan, dan SOP Layanan Kelompok Rentan.