Hadiri Pengukuhan KPw BI Lampung, Arinal Ungkapkan Ini

Hadiri Pengukuhan KPw BI Lampung, Arinal Ungkapkan Ini
Foto: Istimewa

BANDARLAMPUNG-Gubernur Lampung Arinal Djunaidi menghadiri Upacara Pengukuhan Junanto Herdiawan sebagai Kepala Perwakilan (KPw) Bank Indonesia (BI) Provinsi Lampung oleh Deputi Gubernur Bank Indonesia Doni Primanto Joewono, di Kantor Perwakilan BI Lampung, Jumat (22/3/2024). 

Junanto Herdiawan sebelumnya menjabat sebagai Deputi Kepala Perwakilan BI Provinsi Jawa Tengah.

Sementara Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Lampung yang sebelumnya dijabat oleh Budiyono, kini mengemban amanah jabatan yang baru sebagai Kepala Departemen Pengelolaan Logistik dan Fasilitas Bank Indonesia.

Arinal mengucapkan terimakasih kepada Budiyono yang telah mendedikasikan dirinya untuk Provinsi Lampung dan semoga semakin sukses dalam mengemban tugas yang baru. Ia juga mengucapkan Selamat datang kepada Bapak Junanto Herdiawan yang telah resmi dan hari ini dikukuhkan sebagai Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Lampung.

“Kerja sama dan sinergi antara Pemerintah Provinsi Lampung dengan Bank Indonesia Provinsi Lampung dalam memperkuat sektor perekonomian sangat kita rasakan. Mulai dari sinergi bersama Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) melalui kerangka Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP), Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD), Forum Investasi Lampung (Foila), serta sinergi pengembangan UMKM pariwisata dan ekonomi kreatif,” ujar Arinal.

Kemudian, kinerja ekonomi Lampung tahun 2023 tumbuh sebesar 4,55%, sesuai dengan target RPJMD. Nilai tersebut menguat dibanding tahun sebelumnya yang tercatat tumbuh sebesar 4,28 %.

Dari sisi perkembangan inflasi, pada tahun 2023 tercatat sebesar 3,47%. Capaian tersebut tentu tidak terlepas dari kerja sama dan koordinasi intensif dalam kerangka Tim Pengendalian Inflasi Daerah, yang berjalan dengan baik terutama dalam mengawal stabilitas harga dan ketersediaan pasokan.

“Kita menyakini perekonomian Lampung akan terus tumbuh," ujar Arinal optimistis.

Dalam melaksanakan pembangunan daerah, Pemerintah Provinsi Lampung telah berkomitmen untuk terus mempererat koordinasi dan kerjasama dengan seluruh elemen masyarakat, stakeholders yang ada di Provinsi Lampung termasuk dengan Bank Indonesia.

 “Tentunya Capaian yang sudah baik dari Bapak Budiyono selama di BI Lampung saya harap dapat diteruskan dan ditingkatkan lagi oleh Bapak Junanto Herdiawan,” tambah Arinal.

Sementara itu, Deputi Gubernur Bank Indonesia Doni Primanto Joewono mengapresiasi Pemerintah Daerah se-Provinsi Lampung atas dukungannya terhadap pelaksanaan tugas Bank Indonesia.

“Atas nama Dewan Gubermur Bank Indonesia, kami ucapkan terima kasih kepada Bapak Gubernur Lampung beserta jajaran atas dukungannya kepada Bapak Budiyono. Semoga seluruh kerja bersama, sinergi, dan kolaborasi yang sudah terbangun bisa dilanjutkan bersama Kepala Perwakilan BI Lampung yang baru," ujarnya.