Andika Hazrumy Jajaki Koalisi dengan PKS dan Demokrat

Andika Hazrumy Jajaki Koalisi dengan PKS dan Demokrat
Foto: Istimewa

SERANG-Bakal calon bupati Serang sekaligus politisi Partai Golkar Andika Hazrumy semakin matang mempersiapkan koalisi menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada). Meski Partai Golkar bisa mengusung pasangan calon tanpa koalisi, Andika menegaskan bahwa dalam proses pembangunan daerah butuh kebersamaan. 

Akhir pekan ini, Andika bersilaturahmi dengan pengurus DPD PKS Kabupaten Serang, Sabtu (4/5/2024). Kemudian pada Minggu (5/5/2024), dilakukan pertemuan dengan pengurus DPD Partai Demokrat Kabupaten Serang, Banten.

Kedua pertemuan tersebut dibenarkan Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Serang Fahmi Hakim. Menurutnya, silaturahmi dengan PKS dalam rangka silaturahmi politik agar bisa bersama-sama kembali dalam koalisi pembangunan daerah lima tahun ke depan.

“Kebersamaan Golkar dan PKS di Pemerintahan Kabupaten Serang telah terjalin baik selama 15 tahun terakhir. Terbukti telah berhasil menjalankan pembangunan di berbagai sektor, mulai dari pendidikan, kesehatan, infrastruktur hingga pembangunan sosial, ekonomi dan budaya. Lebih-lebih pembangunan keagamaan, bagaimana kita di Kabupaten Serang sangat fokus dengan menjaga marwah sebagai daerah yang Islami tempatnya santri dan ulama," katanya.

Menurut Fahmi, Andika berdarah Gumulung, Kecamatan Pabuaran. Andika juga punya pengalaman yang mumpuni di bidang politik maupun pemerintahan. Mulai dari pernah menjadi anggota DPD RI, DPR RI, dan wakil gubernur Banten. “Pengalaman yang dimiliki di pemerintahan dan politik sangat komplit," tegas Fahmi.

Sementara itu, Andika menyampaikan keinginannya melanjutkan kemajuan pembangunan di Kabupaten Serang setelah kepemimpinan Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah. “Modal dan pengetahuan saya di pemerintahan sejak menjadi wakil gubernur, insya Allah akan memperkuat kemajuan yang saat ini terjadi di Kabupaten Serang,” ujar Andika.

Dalam proses pembangunan daerah, menurut Andika, butuh kebersamaan dengan unsur partai politik yang ada di DPRD Kabupaten Serang. “Maka silaturahmi ini dalam rangka memperkuat kesepahaman ke arah koalisi yang kuat dan maslahat. Kami butuh keberlanjutan kebersamaan bersama PKS,” ujarnya.

Sementara terkait pertemuan dengan Partai Demokrat, Andika menyatakan, menjelang pilkada semua partai politik melakukan proses seleksi bakal calon kepala daerah. Ada yang membuka penjaringan, ada pula yang punya mekanisme lain.

Andika sendiri sudah mendaftar ke penjaringan yang dilakukan oleh PDI Perjuangan dan PKB.  “Untuk yang membuka penjaringan, saya tentu ikut mendaftar. Sementara untuk yang tidak, komunikasi dan silaturahmi tetap kami lakukan, termasuk dengan Partai Demokrat,” ujarnya.

Andika mengaku akan terus melakukan komunikasi dengan seluruh partai politik. “Prinsipnya, pembangunan daerah ke depan dibutuhkan kebersamaan. Maka komunikasi dan silaturahmi ini dalam rangka mendapat ridha Allah, keberkahan, dan kebermanfaatan untuk masyarakat,” ujarnya.