DKP Mesuji Beli 86,9 Ton Beras Medium Perum Bulog untuk Stok Cadangan

DKP Mesuji Beli 86,9 Ton Beras Medium Perum Bulog untuk Stok Cadangan
Foto: Istimewa

MESUJI-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mesuji, Lampung, melalui Dinas Ketahanan Pangan (DKP) melakukan kerja sama dengan Perum Bulog Menggala.

Kepala Bidang Ketersediaan Kerawanan Pangan Distribusi dan Harga Pangan DKP Mesuji Arif Apriyanto mengatakan, kerjasama ini bertujuan untuk menjaga ketersediaan stok cadangan beras medium, sebagai langkah konkret dalam memitigasi risiko krisis pangan.

“Dalam kerja sama ini, DKP Mesuji akan membeli 86.940,7 Kg beras medium dari Perum Bulog Menggala sebagai stok cadangan, dengan harga yang telah ditetapkan sebesar Rp11.498/kg,” ungkap Arif Apriyanto mewakili Kepala DKP Arif Dwiyanto, Senin (18/12/2023).

Selanjutnya beras tersebut akan dititipkan di gudang milik Perum Bulog selama 1 Tahun  dan bisa digunakan sesuai permintaan dan kebutuhan Pemkab Mesuji.

“Nilai kontrak kerjasama PJB Beras Medium sebesar Rp988 juta yang bersumber dari APBD insentif fiskal. Harapannya, Kerja sama ini menjadi langkah proaktif dalam membangun ketahanan pangan. Kami berkomitmen untuk melibatkan semua pihak terkait, termasuk Perum Bulog guna memastikan ketersediaan beras sebagai cadangan pangan yang dapat diandalkan di masa-masa sulit," ujarnya.

KCP Perum Bulog Menggala Dimas menyambut baik kerjasama ini dan menegaskan komitmen Perum Bulog untuk mendukung keberlanjutan ketahanan pangan.

"Kami siap berkolaborasi dengan Pemerintah Kabupaten Mesuji dalam menjaga stabilitas pangan dan mendukung kebijakan pangan nasional," ungkapnya.

Menurutnya, kerja sama ini mencerminkan sinergi antara sektor pemerintah dan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) untuk menciptakan ketahanan pangan yang kokoh.