PESISIR BARAT - Hari Pahlawan tidak hanya sekadar diingat dan diperingati secara seremonial saja. Lebih dari itu bagaimana semua pihak dituntut untuk dapat mengambil makna  yang terkandung didalamnya.

 

“Apa yang telah dilakukan para pahlawan dapat menginspirasi dan memotivasi semua pihak untuk meneruskan perjuangan hingga saat ini sesuai dengan tema Hari Pahlawan Tahun 2021 'Pahlawanku Inspirasiku',” ungkap Bupati Pesisir Barat Agus Istiqlal yang diwakili Sekkab N. Lingga Kusuma pada upacara peringatan Hari Pahlawan di Lapangan Merdeka Labuhanjukung Kecamatan Pesisir Tengah, Pesisir Barat, Lampung, Rabu (10/11 ).

Upacara tersebut juga dibarengi dengan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-50 Korp Pegawai Republik Indonesia (Korpri) Tahun 2021 dengan tema Aparatur Sipil Negara (ASN) Bersatu, Korpri Tangguh Indonesia Tumbuh, serta upacara bulanan Pemkab Pesisir Barat.

Agus Istiqlal yang disampaikan Sekkab Lingga menjelaskan hari pahlawan adalah peristiwa sejarah pertempuran Indonesia yang terjadi pada 10 November 1945 silam. "Pristiwa ini diperingati untuk mengenang kembali jasa pahlawan kita. Pahlawan indonesia telah berjuang mempertaruhkan jiwa, raga, serta hartanya untuk kemerdekaan Indonesia," jelas Lingga.

"Kemerdekaan bangsa ini tercapai karena rakyat Indonesia mempunyai semangat perjuangan yang sangat tinggi. Tanpa itu kita yakin kemerdekaan bangsa ini tidak akan tercapai dan selamanya rakyat Indonesia akan hidup di bawah penindasan penjajah," tegasnya.

Lebih lanjut dia mengenang, para penjajah negeri bermaksud menguasai pemerintahan dan mengeruk kekayaan bangsa Indonesia. Penjajah bahkan melakukan berbagai cara seperti memaksa rakyat Indonesia bekerja lewat kerja Rodi dan Romusa.

"Hal lain yang perlu diteladani dalam peringan Hari Pahlawan yaitu masyarakat Indonesia saat ini sebagai generasi muda harus tangguh seperti pahlawan perjuangan kemerdekaan yang tangguh untuk menggapai cita-cita Bangsa. Para pahlawan tidak hanya mencucurkan keringat, tetapi juga dengan segenap jiwa mereka untuk kemerdekaan Indonesia. Semangat rela berkorban para pejuang kita yang begitu besar itu patut untuk diteladani juga," lanjut Lingga.

Dalam momen itu Lingga juga mengutarakan ucapan selamat dalam peringatan HUT Korpri Ke-50 Tahun 2021. "Kita harus optimis menatap masa depan. Harus percaya diri menghadapi tantangan kompetisi global. Harus yakin menjadi salah satu negara terkuat didunia. Menjadi negara pemenang kuncinya adalah kita mau bersatu. Persatuan dan kesatuan adalah pengikat kita untuk menuju Indonesia maju," ungkap Lingga.

Turut hadir dalam acara tersebut Ketua, wakil Ketua DPRD Pesisir Barat, unsur forkopimda Pesisir Barat-Lampung Barat (Lambar), pejabat pimpinan tinggi pratama, pejabat administrator, pejabat pengawas dan pelaksana di lingkungan Pemkab Pesisir Barat.