MAYBRAT - Prosesi pemakaman Wakil Bupati Maybrat, Paskalis Kocu, dilakukan secara kenegaraan oleh Pemerintah Kabupaten Maybrat, Papua Barat, Kamis (27/08).

Isak tangis dan haru para warga, pejabat maupun sahabat dekatnya mewarnai prosesi tersebut.

Dari pantauan monologis.id, sebelum pemakaman dan upacara penghormatan, almarhum Paskalis Kocu di antar menuju Gereja Katolik St.Yoseph Ayawasi untuk dilakukannya ibadah Misa Riquem yang langsung dipimpin oleh Uskup Manokwari-Sorong Mgr. Hilaryon Datus Lega PR didampingi 14 imam selebran.

Setelah Misa, sekitar pukul 14:30 WIT, almarhum di antar menuju Kumurkek, Ibukota Kabupaten Maybrat, untuk diadakan upacara penghormatan terakhir oleh pihak pemerintah.

Setibanya di kumurkek, almarhum disambut haru Bupati Maybrat bersama para pejabat di depan kantor bupati. Isak tangis warga pun terjadi ketika itu. Almarhum selanjutnya diserahkan oleh keluarga duka kepada pemerintah.

Upacara penghormatan terakhir terhadap almarhum Wakil Wupati Maybrat itu langsung dipimpin Bupati Maybrat Bernad Sagrim dan dihadiri sejumlah pejabat utama antara lain Gubernur Papua Barat yang diwakili Asisten Dua, Bupati Kabupaten Sorong, Bupati Kabupaten Sorong Selatan, Bupati Tambrauw yang diwakili Asisten Tiga, Danrem Sorong, Dandim Sorong, Kapolres Sorong Selatan, Ketua MRP, Ketua DPR Papua Barat, serta seluruh ASN di lingkup pemda Maybrat dan segenap masyarakat.

Usai upacara penghormatan, sekira pukul 16:00, almarhum yang dikenal memiliki jiwa kesederhanaan ini akhirnya diantar kembali dari Kumurkek menuju kampung halamannya di Ayawasi untuk disitrahatkan pada tempat peristirahatannya yang terakhir.