Wali Kota Bandarlampung Laporkan 'Foto Fitnah' Bantuan Beras dan masker ke Polisi
Staf Ahli Wali Kota Bandarlampung, Rakhmat Husein dan Aryanto saat dimintai keterangan oleh Penyidik Polresta Bandarlampung. (Foto: Istimewa)

BANDARLAMPUNG -  Wali Kota Bandarlampung, Herman HN, melalui kuasa hukumnya, Supryanto SH, melaporkan kasus ‘foto fitnah’ bantuan beras COVID dan masker yang beredar masif di grup whatsapp dan media sosial pertengahan Oktober lalu.

“Hari ini saya dan Aryanto dimintai keterangan oleh penyidik di ruang tindak pidana tertentu Polresta Bandarlampung, untuk membantu proses penegakan hukum, menelusuri siapa pembuat dan penyebar pertama dan ikutannya foto beras dan masker tersebut,” kata Staf Ahli Walikota Bandarlampung, Rakhmat Husein DC, Senin (26/10).

Husein menegaskan, Herman HN tentu saja marah karena dia selama ini justru terdepan melawan politik uang dan sembako.

“Dengan mendengarkan masukan banyak pihak, akhirnya Wali Kota memberi kuasa ke pengacara untuk melaporkan kasus ini kepolisian,” kata Husein.

Menurut Husein, memang suasana Pilkada Kota Bandarlampung ini meriah. Proses kampanye masih berjalan. Namun, seketat dan sekeras apapun proses Pilkada ini tentu tidak boleh menafikan dan mengesampingkan tata krama, sopan beradab, dan patuh pada aturan.

“Semoga kasus ini terungkap dan terbukti siapa pelaku pembuat foto fitnah ini,”kata dia.

Pelru diketahui, Pemerintah Kota Bandarlampung menghentikan penyaluran beras bantuan COVID-19 pada awal September lalu. Itu dilakukan untuk menghindari bantuan itu dipolitisir karena pada Oktober 2020 sudah masuk masa kampanye Pilkada 2020.

Namun, ada oknum-oknum yang justru melakukan kampanye negatif dengan menyebarkan foto-foto bantuan beras COVID-19 dan masker yang seolah-olah bantuan Pemkot Bandarlampung disalahgunakan oleh paslon nomor urut 3, Eva Dwiana-Deddy Amrullah, dalam kegiatan kampanye.

“Tujuannya,  agar pemkot dituding melanggar hukum dan akan di cemooh orang banyak karena terlibat kegiatan politik uang dan sembako. Dan yang sangat dirugikan adalah paslon nomor 3,” timpal Husein.