Wagub Lampung Soft Launching Pasar Kreatif Seni
Dedi Rohman/monologis.id

BANDARLAMPUNG – Wakil Gubernur (Wagub) Lampung Chusnunia Chalim melakukan soft launching pasar kreatif seni (Paksi)  di kawasan PKOR Wayhalim, Bandarlampung, sabtu (25/07).

Turut hadir Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Lampung Edarwan dan Kabid Humas Polda Lampung Kombes Zahwani Pandra Arsyad.

Soft launching  berlangsung meriah dengan menerapkan protokol kesehatan. Kehadiran Wagub Lampung dan rombongan disambut tarian seni budaya Lampung.

Ketua Asosiasi Ekonomi Kreatif Nusantara (AEKEN) Agusta Wibowo mengatakan, Paksi diperuntukan bagi para insan kreatif dan seni yang ada di Lampung.  "Ke depan Paksi akan jadi wadah bagi even-even kreatif yang kami harapkan bisa meningkatkan perekonomian Lampung," ujar Agusta.

Dia menjelaskan, dalam area paksi ada 12 rumah kreatif yang diperuntukan bagi subsektor ekonomi kreatif.   Aeken sendiri adalah pihak asosiasi yang menerima pengelolaan dari Dinas Parekraf Lampung.

Wakil Gubernur Lampung Chusnunia mengatakan, Pemprov melalui Dinas Parekraf Lampung sangat mendukung adanya Paksi dalam upaya membangkitkan sektor parekraf meski dalam kondisi beberapa anggaran yang minim.

“Kita berusaha mengajak beberapa pihak untuk saling mendukung agar sektor ini bisa bangkit,” kata Chusnunia.

Dia mengatakan, Soft launching ini jadi awal bagi kita semua untuk mulai membangkitkan ekonomi terutama sektor parekraf.

Kabid Humas Polda Lampung Kombes Zahwani Pandra Arsyad menjelaskan, kondisi pandemi COVID-19 ini menjadi tantangan kita semua.

“Maklumat Kapolri sudah dicabut dan untuk menghadapi adaptasi kebiasan baru atau New Normal Presiden meminta menjadikan protokol kesehatan jadi panduan bersama dalam kegiatan yang ada di masyarakat,” kata Pandra.