Selasa, 11 Oktober 2022

21:37

Wagub Lampung Ingatkan Persediaan dan Distribusi Pupuk & Pestisida Jelang Masa Tanam

Sample image

Penulis

DEDI ROHMAN

Wagub Lampung Ingatkan Persediaan dan Distribusi Pupuk & Pestisida Jelang Masa Tanam

BANDARLAMPUNG - Memasuki masa tanam Oktober-Maret, Provinsi Lampung harus mengambil langkah-langkah preventif dalam persediaan dan pendistribusian pupuk dan pestisida.

Wakil Gubernur Chusnunia selaku Ketua Komisi Pengawasan Pupuk dan Pestisida mengingatkan semua pihak agar berhati-hati dalam proses pengawasan.

"Masa tanam ini dihadapi oleh akhir anggaran dan lainnya jadi harus berhati-hati karena di masa tanam ini berada di akhir tahun dan awal tahun yang sering kali menyebabkan turbulensi terutama soal persediaan pupuk," ujar Chusnunia di Bandarlampung, Selasa (11/10/2022).

Wagub menegaskan, pengelolaan pupuk dan pestisida merupakan bagian interkelola yang tidak terpisahkan dalam kaitannya upaya ketahanan pangan.

"Tidak hanya terhadap pupuk bersubsidi namun juga nonsubsidi ketersediaannya maupun pola distribusinya termasuk juga pestisida," tandasnya.

Wagub menginformasikan bahwa per 30 September 2022 situasi peredaran pupuk bersubsidi dan urea sudah terserap 204. 080 Ton ini 62,57% dari jatah yang ada, NPK 152. 264 Ton ini 75,17% dari jatah yang ada, SP36 18.618 Ton sudah hampir 100% yaitu 99,98%.

Kriteria petani penerima pupuk bersubsidi sesuai dengan Permentan Nomor 10 Tahun 2022 Bab III Pasal 3 yang berisi ; Melakukan usahatani di bidang tanaman pangan (padi, jagung, kedelai), holtikultura (cabai, bawang merah, bawang putih, perkebunan (kopi, tebu, kakao) dengan luas lahan maksimal 2 Hektare. Tergabung dalam kelompok tani dan terdaftar dalam Simluhtan.

Komoditas dibagi hanya 9 yaitu tanaman pangan (padi, jagung, kedelai), holtikultura (cabai, bawang merah, bawang putih, perkebunan (kopi, tebu, kakao). Perubahan mekanisme penetapan alokasi, perubahan pertimbangan penetapan alokasi pupuk bersubsidi berdasarkan data spasial atau luas lahan dalam SIMLUHTAN dengan tetap mempertimbangkan luas lahan sawah yang dlindungi dan penyerapan pupuk.

x
Monologis ID