Tiga LSM di Lampung Tengah Siap Dampingi Jurnalis Korban Dugaan Pengancaman Oleh Oknum Kakam
Foto: Riki Antoni/monologis.id

LAMPUNG TENGAH - Tiga Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) di Lampung Tengah yakni Galak, LKPP, dan Lantai siap memberikan pendampingan hukum kepada Alwi Darwis, wartawan yang menjadi korban dugaan pengancaman yang dilakukan oleh oknum Kepala Kampung (Kakam) Tanjungjaya, Kecamatan Bangunrejo, beberapa waktu lalu.

Kasus tersebut sudah dilaporkan ke Polres Lampung Tengah dan telah memasuki tahap penyelidikan.

Dari informasi yang dihimpun, Sat Reskrim Polres Lampung Tengah telah memanggil saksi atas nama Suprapto, dan terlapor Oktavianus Hermanto selaku Kakam Tanjungjaya.

"Kedatangan saya ke sini guna berkoordinasi dengan rekan LSM, untuk bagaimana langkah yang akan di tempuh nantinya," ujar Alwi saat berada di markas LSM Galak Lampung Tengah, Rabu (16/06).

Bahkan menurut dia, laporannya ke Polres Lampung Tengah, telah di tindaklanjuti oleh anggota Reskrim, bahkan dirinya telah menerima surat SP2HP dengan No. Pol:179/V/2021/Reskrim Lampung Tengah dari pihak penyidik dan saat ini tinggal menunggu bagaimana kedepannya dari proses penyelidikan tersebut.

Ketua LSM Galak Ali Sadikin mengatakan, dengan adanya upaya pengancaman yang dilakukan oleh oknum Kepala Kampung tersebut terhadap Jurnalis tentunya bertentangan dengan hukum yang berlaku di negara kita.

“Untuk itu LSM Galak, LKPP dan LSM Lantai siap untuk mendampingi hingga proses hukum tetap,” tegasnya.

"Dugaan pengancaman yang dilakukan oleh oknum Kepala Kampung Tanjungjaya kepada wartawan, adalah salah satu contoh melawan hukum dan dalam upaya menghalang-halangi tugas jurnalis sesuai dengan UU yang ada terkait hal itu," ungkap Ali Sadikin.