Sukseskan PDPB 2021, KPU Pesawaran Perkuat Sinergitas dengan Disdukcapil
Foto: Suryanto/monologis.id

PESAWARAN - Guna memperkuat hubungan sinergi antarlembaga dalam rangka menunjang Proses Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan (PDPB) 2021, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pesawaran, Lampung melakukan audiensi ke Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) setempat, Senin (21/06).

Hadir dalam audiensi tersebut Fungsionaris KPU Pesawaran, Kepala Dinas Disdukcapil Ketut Partayasa beserta jajarannya.

Komisioner KPU Dody Afrianto dalam Audiensi tersebut mengatakan, Ada beberapa hal yang disampaikan oleh KPU Pesawaran diantaranya adalah menyampaikan sosialisasi aplikasi CEK DPT Provinsi Lampung kepada Disdukcapil Pesawaran.

“KPU juga berharap Disdukcapil mendukung Program KPU Pesawaran dalam rangka PDPB 2021,” kata Dody.

Pada audiensi tersebut, KPU juga menyosialisasikan perubahan SE 336 terkait rapat pleno PDPB 2021.

Dody melanjutkan, secara detail kepada peserta audiensi mulai bagaimana cara mendownload aplikasi CEK DPT dalam Play Store yang ada di Handphone dan sampai bagaimana cara menggunakannya.

Selain itu juga KPU Pesawaran dan Disdukcapil berkomitmen untuk mensosialisasikan secara masif aplikasi CEK DPT yang pada tanggal 16 Juni kemarin telah resmi di Launching oleh KPU Provinsi Lampung.

"Tujuan dari di adakanya Aplikasi CEK DPT tersebut adalah untuk mempermudah kerja-kerja KPU Kabupaten/Kota yang ada di Provinsi Lampung dan untuk mempermudah pendataan pemilih, karena Aplikasi CEK DPT ini sangat mudah digunakan dan dapat dilakukan secara mandiri untuk Updating data pemilih, " tambah Dody.

Kepala Disdukcapil Ketut Partayasa mengapresiasi tujuan baik dan program yang telah dilaksanakan KPU, “Kami siap mendukung program pemutakhiran data pemilih berkelanjutan, selama tidak berbenturan dengan koridor dan Undang-Undang Kependudukan," jelasnya.