SDN 5 Gedongtataan Pesawaran Gelar Simulasi ANBK
Foto: Suryanto/monologis.id

PESAWARAN -  SD Negeri 5 Gedongtataan, Pesawaran, Lampung, menggelar simulasi ujian Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK), Kamis (07/10).

ANBK adalah sistem ujian pengganti Ujian Nasional (UN) yang merupakan bagian dari asesmen nasional yang juga terdiri dari survey karakter dan survey lingkungan belajar.

Pemandu ANBK SD Negeri 5 Gedongtataan Maizar Arniansyah mengatakan, ANBK merupakan bagian dari Asesmen Kompetensi Minimum (AKM).

"Simulasi ini untuk siswa kelas 5 dan 6. Namun, saat ujian nanti siswa kelas 5 mengikuti ujian sekolah (US) sedangkan siswa kelas 6 mengikuti UN," ulasnya.

Selain itu, lanjutnya, ANBK ini tujuannya untuk melakukan pemetaan mutu sekolah, melalui survei lingkungan belajar, kemudian pesmitrasi dan survei karakter. Kalau UN merupakan penentu kelulusan siswa ditingkat akhir.  Dan ANBK ini tidak ada keterkaitan dengan kelulusan siswa, akan tetapi menjadi dasar dalam perencanaan sekolah di tahun-tahun berikutnya, " imbuhnya.

Kepala SD Negeri 05 Gedongtataan Heriningsih menambahkan, berharap melalui sistem ANBK para siswa bisa menggunakan perangkat IT dengan baik.

“Semua perangkat ini disediakan oleh pemerintah," pungkasnya.