Satgas COVID-19 Tulangbawang Gelar Patroli Terpadu Pendisiplinan Prokes
Foto: Istimewa

TULANGBAWANG - Satgas pencegahan COVID-19 Kabupaten Tulangbawang menggelar patroli terpadu pendisiplinan penerapan protokol kesehatan (prokes) COVID-19 di area publik atau tempat keramaian.

Menurut Pasi Ops Kodim 0426 Tulangbawang, Kapten Inf Arief Affuan, kegiatan tersebut dilaksanakan guna mengingatkan masyarakat agar tetap mematuhi prokes.

"Kami memberi imbauan kepada masyarakat untuk terus menumbuhkan kesadaran menerapkan protokol kesehatan, agar terhindar dari COVID-19 ini," kata dia, Rabu (14/07).

Lebih lanjut Arief menjelaskan, dalam patroli gabungan melibatkan unsur TNI AD dan AU, Polri, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), dan BPBD mengunjungi lokasi keramaian seperti pasar, tempat hajatan, dan tempat tongkrongan yang mengundang keramaian di wilayah Kecamatan Menggala.

Prokes COVID-19 yang dimaksud dengan menerapkan 5 M yakni memakai masker, mencuci tangan pakai sabun, menghindari kerumunan, menjaga jarak, dan membatasi mobilitas.

Saat pelaksanaan patroli terpadu di delapan titik lokasi, lanjut dia, terdapat sejumlah warga kedapatan  masih mengabaikan prokes dan langsung diberikan sanksi sosial berupa menyanyikan lagu wajib serta sanksi tindakan fisik dengan hukuman Push Up.

"Jangan pernah bosan untuk menerapkannya di kehidupan kita sehari-hari, karena penyebaran virus ini masih belum berakhir dan sudah banyak korban berjatuhan," tegasnya.