Kategori

Regional     Tulang Bawang Barat    

Selasa, 14 September 2021, 23:01 WIB

Ribuan Petani Tulangbawang Barat Terima Kartu KPB

ROSID Penulis
Rosid
Ribuan Petani Tulangbawang Barat Terima Kartu KPB

Foto: Rosid/monologis.id

TULANGBAWANG BARAT - Dinas Pertanian Tulangbawang Barat, Lampung mendampingi Bank BNI cabang Dayamurni, Tumijajar membagikan Kartu Petani Berjaya (KPB).

Total ada 7.733 petani Tulangbawang Barat yang telah teregistrasi melalui Gapoktan. Namun saat ini  hanya 6.652 petani di tiga kecamatan yakni Tumijajar, Tulangbawang Udik dan Tulangbawang Tengah yang menerima KPB secara bertahap.

"Saat ini yang sudah terdaftar di KPB sebanyak 7.733 petani dan kemungkinan bertambah. Sementara untuk target 2022 seluruh petani di Tulangbawang Barat sudah terdaftar dan telah memiliki KPB," kata Kadis Pertanian Tulangbawang Barat Syamsul Komar, Selasa (14/09)

Dia mengatakan, melalui KPB diharapkan dapat memudahkan petani untuk mengakses kebutuhan sarana prasarana pertanian.

"Dan juga untuk mendapatkan kepastian ketersediaan pupuk, benih, bibit, obat-obatan pertanian, baik yang dibutuhkan pada tanaman pangan atau peternakan, perikanan yang bersubsidi," jelasnya.

Selain itu, lanjut dia, upaya mendapatkan kemudahan permodalan baik melalui bank atau lembaga permodalan lainya, mendapatkan dukungan asuransi usaha tani padi (AUTP) atau asuransi usaha lainya, mendapatkan fasilitas sosial pemerintah (beasiswa anak petani serta program lainnya), mendapatkan kepastian harga panen dengan harga terbaik, mendapatkan pembinaan serta penyuluhan usaha, mendapatkan informasi terkini terkait dengan rekomendasi tecknologi usaha baik pertanian, perkebunan, peternakan dan perikanan.

"Saat ini telah dilakukan penyerahan KPB serta buku tabungan di 5 tiyuh (desa) secara bertahap dan bersama Pimpinan Bank BNI Kantor cabang pembantu Dayamurni dengan Kacab Bapak Destra," ungkapnya.

Selain itu, KPB lebih mendekatkan produsen dan konsumen agar tataniaga mereka lebih mudah atau pendek, dan petani akan mudah untuk mengakses tempat mereka akan menjual hasil pertanian atau membeli peralatan dan kebutuhan pertanian.

"Penyerahan KPB bersamaan dengan penyerahan buku rekening yang diberikan langsung kepada petani terkait. KPB diharapkan dapat tepat guna, tepat jumlah, tepat mutu, tepat waktu, tepat tempat, tepat harga dan tepat jenis," imbuhnya.

 

 

 

Berita Lainnya

Ini Doa Umar Ahmad 11 Tahun Lalu yang Dikabulkan Allah
Jumat, 27 Mei 2022, 19:37 WIB

Dukung Kelestarian Perusahaan Perlu Strategi Pengelolaan SDA

BANDARLAMPUNG -  Untuk mendukung kelestarian perusahaan di Indonesia maka diperlukan suatu strategi pengelolaan yang tepat

Jumat, 27 Mei 2022, 19:33 WIB

Pemkot Bandarlampung Groundbreaking Gedung MPP

BANDARLAMPUNG – Pembangunan gedung Mal Pelayanan Publik (MPP) Bandarlampung resmi dimulai. Ditandai dengan groundbreaking

Jumat, 27 Mei 2022, 19:32 WIB

Tjahjo Kumolo Minta Wali Kota Bawa Birokrasi Pemerintah Daerah ke Arah Digital

BANDARLAMPUNG - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumolo berpesan kepada kepala daerah

Jumat, 27 Mei 2022, 13:55 WIB

Begal di Tulangbawang Todongkan Senpi ke Korban, Pelaku Berhasil Dibekuk

TULANGBAWANG – Ferdi Sumarjianto (21), karyawan PT Indo Lampung Perkasa (ILP), warga Kampung Dentemakmur, Kecamatan Denteteladas,