Relawan Basmi Gelar Pengobatan Gratis di Gunungsugih
Foto: Riki Antoni/monologis.id

LAMPUNG TENGAH - Relawan Barisan Muda lndonesia (Basmi) yang juga sebagai tim pemenangan pasangan calon (paslon) nomor urut 3, Nessy Khalvia-lmam Suhadi, menggelar kegiatan sosial pengobatan alternatif gratis, dalam rangka bentuk kepedulian relawan kepada masyarakat, yang dilaksanakan di Posko relawan Basmi, Kecamatan Seputihjaya, Gunungsugih, Lampung Tengah, Minggu (22/11).

Ketua relawan Basmi, Abdul Razak menjelaskan bahwa, kegiatan yang dilaksanakan ini adalah sebagai salah satu bentuk kepedulian kepada masyarakat setempat. Dimana kegiatan bakti sosial pengobatan gratis yang dilakukan adalah pengobatan gurah mata, totok urat, dan darah, yang tentunya dengan menerapkan protokol kesehatan, yang dilakukan oleh Ki Harsono sebagai alternatif.

"Alhamdulilah dalam kegiatan ini disambut antusias oleh masyarakat yang hadir, dan tetap dengan mematuhi protokol kesehatan. Semoga apa yang kita lakukan hari ini, dapat memberi manfaat kepada masyarakat," ungkap Razak.

Menurutnya, kegiatan relawan Basmi ini adalah untuk yang ketiga kalinya, dimana sebelumnya relawan perempuan Basmi telah melakukan kegiatan bagi-bagi masker yang dilakukan di Pasar Plaza Bandarjaya, kemudian bagi-bagi nasi bungkus di 2 Kecamatan, dan saat ini kita dari relawan Basmi kembali menggelar pengobatan alternatif gratis. 

"Yang mana kegiatan-kegiatan yang kita lakukan itu adalah sebagai bentuk kepedulian kita relawan Basmi kepada masyarakat Lampung Tengah, khususnya di masa pandemi COVID-19 saat ini," ungkapnya.

Sumiyem (60) salah satu warga yang ikut dalam pengobatan tersebut, sengaja datang untuk mengobati keluhan pengeliatan, dan sakit sendi di tubuhnya, setelah dilakukan pengobatan, menurutnya keadaannya saat ini lebih baik dari sebelumnya.

"Ya alhamdulilah mas, badan dan pengeliatan saya lebih baik dari sebelumnya. Dan kami berharap kegiatan seperti ini tetap berlanjut di masa yang akan datang," ujar Sumiyem.

Ditempat yang sama, Hermawati (44) yang mengeluh sakit pada sendi tubuhnya, setelah dilakukan pengobatan alternatif tubuhnya lebih baik dari sebelumnya, dan dirinya mengucapkan terimakasih dengan adanya pengobatan alternatif gratis ini serta berharap apa yang telah dilakukan relawan Basmi tetap berlanjut di masa yang akan datang.

"Jauh lebih baik mas, sendi-sendi yang biasanya sakit, setelah di obati jauh lebih enteng rasa badan saya. Terimakasih, saya ucapkan kepada relawan Basmi yang telah mengadakan kegiatan ini, semoga kedepannya lebih baik," ungkap dia.

Masih ditempat yang sama, menurut Gustameri salah satu anggota Bawaslu yang sengaja hadir memantau kegiatan tersebut mengatakan bahwa, setelah melihat dan menyaksikan secara langsung kegiatan bakti sosial pengobatan gratis kepada masyarakat yang dilakukan oleh relawan Basmi, tidak ada kita temukannya pelanggaran maupun yang menyalahi aturan Pilkada.

"Setelah kita pihak Bawaslu turun langsung, tidak ada kita temukan adanya pelanggaran. Dan dalam kegiatan juga telah menerapkan protokol kesehatan yang sesuai dengan aturan. Kemudian tidak ada kita lihat APK, dan bagi-bagi sembako dalam kegiatan ini. Kami berharap kegaiatan ini dapat berjalan lancar sesuai dengan harapan relawan Basmi, dan harapan kita sebagai pihak pengawasan Pilkada Lampung Tengah," jelas Gustameri.