Peringati HUT ke-76 RI, Ini Harapan Bupati Tanggamus
Foto: Istimewa

TANGGAMUS – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tanggamus, Lampung menggelar upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-76 Republik Indonesia (RI), Selasa (17/08).

Upacara peringatan HUT RI tahun ini berbeda dari tahun tahun sebelumnya. Selain peserta upacara yang lebih sedikit, lokasi upacara juga berubah. Biasanya diadakan di Lapangan Merdeka Kotaagung kini di laksanakan di lapangan Pemda Tanggamus.

Sementara, pelaksanaan detik- detik proklamasi dan penurunan bendara, forkopimda, TNI, Polri, para kepala OPD dilaksanakan diruang kerja masing-masing dan untuk pejabat tinggi pratama dilaksanakan dirumah masing-masing melalui virtual zoom meeting. Hal ini lantaran situasi Pandemi COVID-19.

Bertindak selaku inspektur upacara, Bupati Tanggamus Dewi Handajani, Komandan upacara Letda Kav. Mahroi dan perwira upacara Kapten Inf. Juliani Abri. Turut hadir Wakil Bupati A.M.Syafii, Ketua DPRD Heri Agus Setiawan, Kapolres Tanggamus AKBP Satya Widhi Widharyadi, Dandim 0424 Letkol Inf Arman Aris Sallo, Pimpinan Instansi Vertikal, para Kepala OPD, Camat, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten, Ketua Darma Wanita Persatuan, Pimpinan BUMD, Ormas, dan Organisasi Keagamaan di Kabupaten Tanggamus, secara vitual meeting dari ruang kerjanya masing-masing.

Bupati Tanggamus dalam amanatnya mengatakan dengan memperingati hari ulang tahun kemerdekaan ini berharap seluruh masyarakat dapat meningkatkan rasa cinta kita kepada tanah air dan bangsa lebih meningkatkan daya juang terhadap bangsa dan negara, lebih mempersatukan jiwa dan segenap raga untuk memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa demi Indonesia yang lebih maju.

“Namun demikian tak kalah pentingnya dengan peran kita semua sekarang ini perjuangan belum selesai marilah kita tingkatkan terus jiwa dan semangat 45 dengan mewujudkan jiwa pembangunan yang tangguh untuk mengisi kemerdekaan ini dengan usaha dan kerja keras demi terwujudnya cita-cita pendiri bangsa yaitu melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia memajukan kesejahteraan umum mencerdaskan kehidupan bangsa dan ikut melaksanakan ketertiban dunia,” kata Dewi.

Usai upacara, bupati beserta rombongan melakukan ziarah taman makam pahlawan di Kotaagung Timur. Upacara ziarah dipimpin Dandim 0424 Letkol Inf Arman Aris Sallo. Lalu dilanjutkan dengan menyaksikan upacara detik-detik proklamasi dari Istana Negara melalui virtual di ruang rapat sekretariat bupati.