Malam Ini, Pesawaran Dua Kali Diguncang Gempa
Foto: Istimewa

PESAWARAN – Gempa melanda Pesawaran, Lampung, Rabu (02/12) malam. Gerakan bumi itu menghebohkan warga Perumahan Bukit Barisan 2 Kurungannyawa, Gedongtataan.

Bahkan, sebagian warga berlarian keluar dari rumah mereka.

"Rumah saya bergetar dua kali, kami sekeluarga besar langsung berhamburan keluar rumah,  takut ada gerakan bumi yang lebih besar,” ungkap Ella, salah satu warga perumahan.

Senada disampaikan Yanto. Dia menceritakan, saat dirinya dan anak anaknya lagi duduk-duduk santai diruang depan rumah,  tiba-tiba rumah terasa bergetar dua kali.  “Akhirnya saya ajak anak-anak untuk keluar rumah,”  tuturnya.

Terpisah, Kepala BBMKG Wilayah II Tangerang, Hendro Nugroho, membenarkan, Gempa Bumi Tektonik M4.6 dan M4.3 melanda Pesawaran dan sekitarnya.

“Peristiwa itu terjadi pada Rabu (02/12) sekira pukul 20:54:48 WIB dan 20:55:24 WIB. Episenter gempa pertama terletak pada koordinat 5.85 LS dan 105.02 BT, atau tepatnya berlokasi di Laut pada jarak 50 km Selatan Pesawaran-Lampung pada kedalaman 10 kilometer. Untuk gempa kedua pada koordinat 5.91 LS dan 104.96 BT, atau tepatnya berlokasi di Laut pada jarak 56 km Tenggara Pesawaran pada kedalaman 1 kilometer,” terangnya. 

Hendro menjelaskan, memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa yang terjadi merupakan jenis dangkal akibat aktivitas Sesar Semangko Timur.

“Getaran gempa juga terjadi Pringsewu, Natar dan Bandarlampung dengan Skala Intensitas II - III MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu),” ungkapnya. 

Hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempa tersebut.