Kwarcab Pramuka Kota Metro Gelar Rakercab
Foto: Zainal Arifin/monologis.id

METRO – Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kota Metro menggelar rapat kerja cabang (rakercab) di Bumi Perkemahan Metro Selatan, Kota Metro, Lampung, Sabtu (04/12).

Rekrcab yang dihadiri Wali Kota sekaligus Ketua Mabicab Kota Metro Wahdi Sirajudin, Wakil Wali Kota Qomaru Zaman, Sekda Bangkit Haryo Utomo dan Ketua Kwartir Cabang Kota Metro Silfia Naharani Wahdi mengusung tema “Berbakti Tiada Henti Mewujudkan Generasi Emas Metro Cemerlang”

Pada rakercab tersebut telah disusun sebagai kebijakan umum Kwarcab Gerakan Pramuka Kota Metro masa bhakti lima tahun ke depan dengan panduan rencana strategis gerakan pramuka.

“Rencana kerja Kwarcab Gerakan Pramuka Kota Metro tersebut selanjutnya akan dijabarkan dalam bentuk program kerja tahunan, berupa usaha dan kegiatan yang akan dilaksanakan setiap satu tahun kerja,” papar Silvia Naharani.

Ia mengatakan, bahwa tujuan pelaksanaan Rakercab adalah untuk menyatukan gerak langkah Gerakan Pramuka, khususnya Kwarcab Kota Metro dalam pelaksanaan Revitalisasi Gerakan Pramuka, serta melahirkan suatu program kerja yang tepat guna dalam rangka meningkatkan kualitas dan kuantitas kegiatan Pramuka di Kwarcab Kota Metro.

Sementara itu, dalam sambutannya Ketua Mabicab Wahdi Sirajudin menyampaikan, bahwa Gerakan Pramuka merupakan salah satu pilar pendidikan kaum muda, untuk dapat  berkontribusi secara nyata dalam hidup dan kehidupan berbangsa.

Wahdi berharap agar Rakercab dapat mampu menghasilkan program kerja yang jelas, yang tidak hanya bermanfaat bagi anggota pramuka saja namun juga seluruh masyarakat Kota Metro.

“Kita sebagai anggota pramuka harus lebih aktif dan produktif dalam menyusun kerja kegiatan kepramukaan, karena gerakan Pramuka merupakan salah satu gerakan yang dapat menunjang pembangunan masa depan di Kota Metro, untuk itu mari kita bahu membahu membangun Kota Metro dalam segala bidang, karena ini merupakan wujud implementasi langsung Trisatya dan Dasa Dharma Pramuka,” pungkasnya.

Sedangkan Program-Program yang dihasilkan antara lain, Program Pembinaan Anggota Muda, Program Pembinaan Anggota Dewasa, Program Organisasi dan Hukum, Program Saka, Sako, Gugus Darma, dan Bela Negara, serta beberapa program lainnya.