Minggu, 16 Oktober 2022

19:55

Kelurahan Wayurang Lampung Selatan Gelar Gotong Royong Bersihkan Sungai

Sample image

Penulis

TB MUKHLAS

Kelurahan Wayurang Lampung Selatan Gelar Gotong Royong Bersihkan Sungai

LAMPUNG SELATAN - Aparatur kelurahan bersama masyarakat menggelar gotong royong membersihkan lingkungan di sepanjang bantaran sungai di Kelurahan Wayurang, Kecamatan Kalianda, Lampung Selatan, Minggu (16/10/2022).

Hadir dalam gotong royong tersebut, Camat Kalianda Zaidan, Kepala Badan Bantuan Hukum dan Advokasi Rakyat (BBHAR) DPC PDI Perjuangan Lampung Selatan Merik Havit, Babinsa, serta para kepala lingkungan.

Lurah Wayurang Suhendri mengatakan, gotong royong membersihkan sampah, rumput, bantaran sungai dan got dan sebagainya untuk menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat.

“Pada kegiatan ini kami juga melibatkan beberapa element masyarakat,” ujarnya.

Saat ini, bantaran sungai Jembatan Gg. Patriot, Jembatan Wayurang dan Jembatan Kuning Candi Girang jadi titik fokus dalam gotong royong ini, mengingat lingkungan ini rawan bencana apalagi cuaca sedang tidak bersahabat.

"Selain dari pada untuk mencegah terjadinya bencana seperti masa lalu yang pernah terjadi, kebersihan merupakan hal yang penting, apalagi manfaatnya untuk masyarakat, salah satunya bisa jauh dari bencana dan penyakit," ujarnya.

Kedepan, budaya gotong royong ini diharapkan dapat tetap terlaksana mudah-mudahan dalam sebulan sekali kita bisa lakukan kegiatan ini, karena banyak manfaat yang didapatkan. Mulai dari ajang silaturahmi, menjalin kebersamaan dan kekompakan antar warga maupun pemerintah dalam hal ini Kelurahan Wayurang.

sementara, Camat Kalianda Zaidan menyatakan bahwa kegiatan ini sebagai imbauan dan memberikan edukasi terhadap masyarakat untuk menjaga dan lebih peduli lagi dengan lingkungan, agar tetap bersih, indah dan sehat tentunya.

Zaidan menambahkan, bantaran sungai harus bersih karena sungai bukan tempat membuang sampah, jika bantaran sungai bersih dan tidak tersumbat oleh sampah tentunya kita terhindar dari bencana banjir.

Kepala BBHAR Merik Havit menuturkan, pihaknya akan terus bersinergi dengan dengan pihak kecamatan maupun kelurahan dan masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan.

“Kami juga memberikan pandangan hukum atau peraturan-peraturan terkait kebersihan lingkungan,” kata Merik.

x
Monologis ID