Kapolres Lampung Barat Pimpin Apel Pasukan Operasi Patuh Krakatau 2021
Foto: Dewi JJ/monologis.id

LAMPUNG BARAT - Kapolres Lampung Barat AKBP Hadi Saepul Rahman memimpin apel pasukan Operasi Patuh Krakatau 2021 di lapangan apel mako polres setempat, Senin (20/09).

Turut hadir dalam apel tersebut Waka Polres Kompol Poeloeng Arsa Sidanu, para Kabag, Kasat, TNI, Satpol PP, Dinas Perhubungan dan undangan lainnya.

Dalam amanatnya Hadi Saepul Rahman mengatakan, permasalahan di bidang lalu lintas, dewasa ini telah berkembang dengan cepat dan dinamis.

"Melalui Operasi Patuh 2021 Kita tingkatkan disiplin protokol kesehatan dan tertib berlalu lintas dalam rangka mencegah penyebaran corona virus disease (COVID-19) serta mewujudkan kamseltibcarlantas yang mantap," terang Kapolres.

Hadi menyampaikan, hal ini sebagai konsekuensi dari meningkatnya jumlah kendaraan bermotor dan populasi penduduk yang memerlukan alat transportasi sebagai sarana mobilitas dalam memenuhi kebutuhan hidupnya.

"Ditambah dengan adanya jalan tol di Lampung yang menjadi pilihan masyarakat dalam melakukan perjalanan agar lebih hemat dan cepat sampai ke tujuan,” ujarnya.

Dia menjelaskan, tujuan operasi patuh diantaranya menurunnya angka pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas serta meningkatnya disiplin masyarakat berlalu lintas, kelancaran dan keselamatan lalu lintas yang lebih baik serta memutus mata rantai penyebaran COVID-19.

“Operasi Patuh Krakatau 2021 ini dilaksanakan selama 14 hari, dimulai 20 September sampai dengan 3 Oktober 2021, secara serentak di seluruh Indonesia,” kata dia.

Operasi ini dilaksanakan dengan mengutamakan tindakan pre-emtif berupa kegiatan edukasi protokol kesehatan dan tertib berlalu lintas, serta mengajak masyarakat untuk ikut dalam kegiatan vaksinasi guna mencegah penyebaran COVID-19.