Jelang Ramadan dan Idulfitri, Stok Pangan Pesisir Barat Aman
Foto: Novan Erson/monologis.id

PESISIR BARAT - Rakor bulanan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pesisir Barat, Lampung, di OR Batu Gughi dibuka Pj Bupati Bambang Sumbogo, Rabu (07/04).

Rakor yang juga dihadiri Sekkab Nirmala Lingga Kesuma, asisten III, para kepala OPD, Forkopimda, dan Beberapa perwakilan dinas/instansi terkait itu dalam rangka memastikan ketersediaan pangan di menjelang pelaksanaan bulan suci Ramadan dan Idulfitri 1442 H.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Nawardi, menjelaskan berdasarkan prognosa ketersediaan dan kebutuhan menjelang Hari Besar Keagamaan Nasional di tiga bulan terakhir, ketersedian kebutuhan sembako di Pesisir Barat masih aman.

Itu didasarkan pada pantauan di lima pasar milik PT pemkab, masing-masing Pasar Waybatu, Pasar Kebuayan, Pasar Biha, Pasar Cahya Kuningan dan Pasar Pagarbuki.

Nawardi mengakui atas sejumlah komoditas yang ada masih terjadi fluktuasi antara lain disebabkan faktor pengaruh cuaca.

Menanggapi hal tersebut Pj. Bupati, Bambang Sumbogo mengatakan kondisi cuaca yang ekstrem akhir-akhir ini pihaknya memandang perlu adanya koordinasi dengan stasiun BMKG.

Bambang juga minta pihak Dinas Ketahanan Pangan berkoordinasi dengan Bulog terkait kebutuhan pokok agar ketersediaan tetap terjaga dengan harga yang tidak mahal.

Terkait kenaikan harga sejumlah barang kebutuhan pokok menjelang Ramadan, Bambang meminta atensi khusus Dinas Koperindag.

“Jika memang dipandang perlu, silahkan digelar pasar murah,” katanya.

Sementara Sekkab Lingga Kesuma minta Kadis Koperindag dan Ketahanan Pangan membentukan tim pemantauan bahan kebutuhan pokok dan menginstruksikan para produsen agar menyediakan bahan-bahan pokok yang dianggap minim stok.