Kategori

Regional     Lampung Timur    

Rabu, 12 Januari 2022, 19:14 WIB

Inovasi Samsat Sukadana, Bayar Pajak Cukup Melalui BUMDes

MUKLIS Penulis
Muklis
Inovasi Samsat Sukadana, Bayar Pajak Cukup Melalui BUMDes

Kepala Samsat Sukadana Najwan saat diwawancarai Kepala Biro monologis.id Lampung Timur, Muklis (Foto: Wanda Ariyanto/monologis.id)

LAMPUNG TIMUR - Samsat Sukadana akan melakukan inovasi untuk mempermudah wajib pajak membayar Pajak Kendaraan Bermotor (PKB).

Kepala Samsat Sukadana Najwan mengatakan, pihaknya menggandeng Badan Usaha milik Desa (BUMDes) di Lampung Timur mengakomodir wajib pajak dengan menggunakan Aplikasi E-Samdes dan L-Smart.

“Jadi, masyarakat tidak usah jauh-jauh datang ke Samsat,” ujarnya, Rabu (12/1/2022).

Langkah ini, kata Najwan, untuk optimalisasi Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang bersumber dari PKB. Sesuai dengan program Gubernur Lampung Smart Village Lampung, untuk menciptakan desa pintar dengan mengadopsi teknologi informasi dalam membangun ekonomi masyarakat desa.

"Saya akan menghadap Bapak Bupati M. Dawan Rahardjo untuk menyampaikan inovasi ini serta meminta dukungan dari Pemerintah Kabupaten Lampung Timur untuk membantu pelaksanaan sosialisasi aplikasi E-Samdes dari kecamatan sampai tingkat desa" ungkapnya.

Lebih lanjut Najwan menjelaskan, inovasi ini juga didasari rendahnya kesadaran membayar pajak kendaraan bermotor jenis kendaraan roda 2 (motor) khususnya didesa.

“Sehingga dengan adanya inovasi ini memberikan alternatif kemudahan pembayaran PKB secara digital atau online, meningkatkan peran BUM-Des dalam menggerakkan ekonomi masyarakat,” tegasnya.

Najwan juga meminta Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Lampung Timur turut mensosialisasikan inovasi ini.

 

 

Berita Lainnya

Ini Doa Umar Ahmad 11 Tahun Lalu yang Dikabulkan Allah
Jumat, 27 Mei 2022, 19:37 WIB

Dukung Kelestarian Perusahaan Perlu Strategi Pengelolaan SDA

BANDARLAMPUNG -  Untuk mendukung kelestarian perusahaan di Indonesia maka diperlukan suatu strategi pengelolaan yang tepat

Jumat, 27 Mei 2022, 19:33 WIB

Pemkot Bandarlampung Groundbreaking Gedung MPP

BANDARLAMPUNG – Pembangunan gedung Mal Pelayanan Publik (MPP) Bandarlampung resmi dimulai. Ditandai dengan groundbreaking

Jumat, 27 Mei 2022, 19:32 WIB

Tjahjo Kumolo Minta Wali Kota Bawa Birokrasi Pemerintah Daerah ke Arah Digital

BANDARLAMPUNG - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumolo berpesan kepada kepala daerah

Jumat, 27 Mei 2022, 13:55 WIB

Begal di Tulangbawang Todongkan Senpi ke Korban, Pelaku Berhasil Dibekuk

TULANGBAWANG – Ferdi Sumarjianto (21), karyawan PT Indo Lampung Perkasa (ILP), warga Kampung Dentemakmur, Kecamatan Denteteladas,