Hapal Al-Qur'an, Langsung Diterima di SMA YP Unila
Foto: Istimewa

BANDARLAMPUNG - Ketua Dewan Pembina Yayasan Pembina (YP) Unila yang juga Rektor Universitas Lampung (Unila) Prof. Karomani, meminta Kepala SMA YP Unila membuka jalur prestasi pada penerimaan siswa baru.

 

“Ada semacam jalur prestasi dalam penerimaan siswa-siswi YP Unila seperti di Unila. Beri ruang bagi anak-anak berprestasi, seperti hapal Alquran 30 juz, punya prestasi tingkat nasional, silakan diberi ruang untuk diterima di YP Unila,” ujar Prof. Aom Karomani saat memberi arahan kepada kepala sekolah dan guru di sela-sela kunjungan ke YP Unila, Kamis, (04/10).

Kunjungan dalam rangka menghadiri penandatanganan MoU serta Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara YP Unila dan PT. Bank KB Bukopin Tbk. Cabang Lampung oleh Ketua Yayasan YP Unila Eko Raharjo, dan Branch Manager Bank Bukopin Riza Novian.

Pada pertemuan itu Rektor mengungkapkan, siswa-siswa berprestasi hasil penjaringan penerimaan siswa baru akan mempromosikan SMA YP Unila melalui prestasi-prestasi yang mereka raih.

“Anak-anak itu biasanya ada dua, ada yang berprestasi di bidang keahliannya dan ada yang akademiknya. Kita maunya dua-duanya jalan. Prestasi bagus, akademik bagus,” tutur Prof. Karomani.

Saat ini, lanjutnya, sesuai kebijkan Mendikbudristek Nadiem Makarim, mahasiswa-mahasiswa berprestasi diakui melalui Program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM). Di mana prestasi dan karya mahasiswa dapat dikonversi ke nilai mata kuliah maksimal untuk tiga semester.

“Ini juga di YP Unila harus kita pikirkan sama-sama bagaimana agar siswa-siswi berprestasi mendapatkan ruang di YP Unila,” ujarnya.

Orang nomor satu di Unila ini menambahkan, kegiatan hari ini merupakan bukti konkret bahwa YP Unila adalah bagian yang tidak terpisahkan dari Universitas Lampung. Ia berharap, infrastruktur YP Unila bisa lebih baik dan lebih luas yakni dengan melakukan modernisasi ruangan-ruangan kelas.

Terkait kerja sama yang dilakukan dengan Bank Bukopin, ia juga berharap dapat terus berlanjut dan jika memungkinkan, pihak Bank Bukopin dapat mendukung kemajuan YP Unila melalui program CSR.