Hanan A Rozak Ajak Kader Golkar Tulangbawang Jaga Nilai-nilai Pancasila
Foto: Yanto Susilo Anwar/monologis.id

TULANG BAWANG - Anggota MPR RI Hanan A Rozak menggelar sosialisasi empat pilar MPR  di Aula DPD II Partai Golkar Tulangbawang, Lampung, Sabtu (21/11).

Hadir pada acara tersebut Ketua DPD II Partai Golkar Tulangbawang Edison Thamrin dan Ketua Fraksi Golkar DPRD Tulangbawang Nirwansyah Habib, pengurus dan kader serta organisasi sayap Partai Golkar di Tulangbawang.

Hanan mengajak kader Partai Golkar khususnya di Tulangbawang berperan aktif dan menjadi garda terdepan dalam menjaga nilai-nilai Pancasila.

Hanan juga menyampaikan pentingnya warganegara mengetahui dan memahami sejarah lahirnya Pancasila.

"Kita harus memahami dan menguasai sejarah dan nilai-nilai Pancasila, agar Pancasila menjadi jiwa yang menginspirasi seluruh pengaturan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara,"kata Hanan.

Dalam sejarahnya, Pancasila tetap tercantum dalam konstitusi negara kita meskipun beberapa kali mengalami pergantian dan perubahan konstitusi. Ini menunjukkan bahwa Pancasila merupakan konsensus nasional dan dapat diterima oleh semua kelompok masyarakat Indonesia. Pancasila terbukti mampu memberi kekuatan kepada bangsa Indonesia, sehingga perlu dimaknai, direnungkan, dan diingat oleh seluruh komponen bangsa.

Kemudian, lanjut Hanan, Pancasila sebagai ideologi dan dasar negara harus menjadi landasan pokok dan landasan fundamental bagi kehidupan berbangsa dan  penyelenggaraan negara Indonesia. 

Sementara,  Ketua DPD II Golkar Tulangbawang Edison Thamrin menyampaikan pentingnya kader partai memahami sejarah dan nilai-nilai Pancasila dan Pilar MPR lainnya.

" Kita menghadapi dampak globalisasi yang mengancam kehidupan berbangsa dan bernegara, untuk itu kader Golkar harus membantu menjaga keutuhan NKRI dengan pemahaman dan pelaksanaan Pancasila dan Pilar MPR RI lainnya. Dan mensosialisasikannya di lingkungan sekitarnya," kata Edison

Demikian pula disampaikan Ketua Fraksi Partai Golkar Nirwansyah Habib. Dia menegaskan, kader Partai Golkar wajib menjaga perilaku agar sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.

"Dengan menerapkan perilaku yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila, Kader Golkar akan menjadi panutan di wilayahnya dan memberikan dampak positif bagi Bangsa dan Negara," kata dia.