Gus Yahya Klaim Dapat Dukungan 469 Suara
Gus Yahya (tengah) saat kegiatan ngopi bareng di Hotel Novotel, Selasa (21/12). (Foto: Benny Setiawan/monologis.id).

BANDARLAMPUNG – KH Yahya Cholil Staquf atau Gus Yahya mengklaim mendapat dukungan sebanyak 469 suara sebagai calon ketua PBNU di ajang Muktamar ke-34 NU yang dilaksanakan di Lampung.

"Dari 587 pemegang hak suara, ada 469 suara yang mendukung saya," kata Gus Yahya, di dalam acara Ngopi bareng Gus Yahya di Hotel Novotel, selasa (21/12).

Gus Yahya mengatakan, dirinya maju sebagai calon ketua umum PBNU secara terang-terangan.

"Pokoknya saya mau nyalon ketua umum PBNU. Kalau saya disuruh jadi ketua umum (PBNU) supaya saya bisa nyalon presiden atau nyalon wakil presiden, saya tegaskan bahwa saya tidak mau. Kalau saya disuruh jadi ketua umum (PBNU) supaya saya bisa mengkonsolidasikan NU untuk mendukung salah satu calon presiden, saya juga tidak mau," ungkapnya.

Didampingi Gus Ipul dan Gus Alam, Gus Yahya mengatakan, dari 587 pemegang hak suara, menurutnya hanya 519 suara yang terupdate sah. Sementara sisa suara lainnya diduga bermasalah.

Sementara, Gus Ipul menyatakan kritikannya terkait proses pendaftaran peserta muktamar yang dilaksanakan secara online.

Menurutnya, pendaftaran peserta secara online memiliki kelemahan. Salah satunya tidak bisa memverifikasi apakah calon peserta yang akan daftar itu sah atau tidak.