Kategori

Regional     Pesisir Barat    

Rabu, 01 September 2021, 21:14 WIB

DPUPR Pesisir Barat Gelar Pelatihan Tenaga Terampil Konstruksi

NOVAN ERSON Penulis
Novan Erson
DPUPR Pesisir Barat Gelar Pelatihan Tenaga Terampil Konstruksi

Foto: Novan Erson/monologis.Id

PESISIR BARAT - Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Pesisir Barat, Lampung, menggelar kegiatan pelatihan tenaga terampil konstruksi yang dibuka langsung oleh Wakil Bupati, A. Zulqoini Syarif, di GSG Selalaw Pantai Labuhanjukung Kecamatan Pesisir Tengah, Rabu (01/09).

Hadir dalam acara tersebut Sekretaris DPUPR Imam Habibudin, Narasumber dari Ikatan Instruktur dan Asesor Pelatihan Konstruksi Indonesia, Balai Jasa Konstruksi, dan sebanyak 50 orang peserta pelatihan.

Zulqoini Syarif menerangkan bahwa Sumber Daya Manusia (SDM) merupakan modal utama dalam sektor konstruksi di samping teknologi, kapital, material dan modal usaha. Efisiensi dan kualitas infrastruktur sangat bergantung pada kehandalan kompetensi sumber daya manusia dalam hal ini tenaga konstruksi. Karenanya peningkatan kapasitas tenaga terampil merupakan suatu keharusan untuk menjamin tidak terjadinya kegagalan bangunan dan konstruksi.

"Melihat tujuan diadakannya pelatihan ini yaitu untuk memeratakan perekonomian, meningkatkan kualitas SDM, khususnya masyarakat Pesisir Barat, serta meningkatkan mutu pembangunan menjadi lebih baik, diiharapkan para peserta pelatihan semuanya memiliki motivasi yang tinggi dalam mengikuti setiap tahap pelatihan, sehingga materi yang diberikan dapat terserap dengan baik dan dapat diterapkan di dunia kerja sehari-hari," pinta Zulqoini.

Dalam kesempatan yang sama Kepala DPUPR, Jalaludin, melalui Sekretaris DPUPR, Imam Habibudin, mengatakan infrastruktur merupakan salah satu program unggulan dalam mendukung pembangunan ekonomi. Saat ini sektor konstruksi menghadapi isu yang perlu direspon serius yaitu terkait rendahnya kualitas pekerjaan konstruksi. "Kondisi ini ditandai dengan hasil pekerjaan konstruksi yang cepat rusak serta munculnya kasus kecelakaan konstruksi dan kegagalan bangunan," ujarnya.

Kendati kegagalan bangunan maupun kecelakaan konstruksi biasa terjadi karena faktor alam, namun demikian faktor human error hingga kini masih menjadi penyebab utama, baik pada sisi perencana pelaksana, pengawas maupun pengguna jasa. "Kunci dari usaha menciptakan keunggulan tenaga kerja konstruksi terletak pada peningkatan kompetensi," ungkap Imam.

Masih kata dia, kualitas SDM yang maksimal pada bidang konstruksi merupakan salah satu faktor kunci dalam mendukung terwujudnya misi Pesisir Barat yakni meningkatkan infrastruktur, sumber daya energi, dan mitigasi bencana, serta penguatan ketahanan masyarakat yang berwawasan lingkungan dan berkelanjutan.

"Pelatihan ini sebagai salah satu upaya memenuhi kebutuhan tenaga kerja konstruksi bersertifikat dan meningkatkan daya saing dengan cara peningkatan kompetensi. Sertifikat keterampilan sangat diperlukan para tenaga kerja konstruksi sebagai bukti kemampuan dan keterampilan dalam bidang konstruksi. Untuk menjamin mutu pekerjaan konstruksi serta kehandalan sektor konstruksi maka sertifikasi atau pelatihan di bidang jasa konstruksi diwajibkan dalam UUJK No.02 Tahun 2017, dengan demikian tenaga kerja konstruksi harus memiliki sertifikat konstruksi terampil," pungkasnya.

 

 

 

Berita Lainnya

Ini Doa Umar Ahmad 11 Tahun Lalu yang Dikabulkan Allah
Jumat, 27 Mei 2022, 19:37 WIB

Dukung Kelestarian Perusahaan Perlu Strategi Pengelolaan SDA

BANDARLAMPUNG -  Untuk mendukung kelestarian perusahaan di Indonesia maka diperlukan suatu strategi pengelolaan yang tepat

Jumat, 27 Mei 2022, 19:33 WIB

Pemkot Bandarlampung Groundbreaking Gedung MPP

BANDARLAMPUNG – Pembangunan gedung Mal Pelayanan Publik (MPP) Bandarlampung resmi dimulai. Ditandai dengan groundbreaking

Jumat, 27 Mei 2022, 19:32 WIB

Tjahjo Kumolo Minta Wali Kota Bawa Birokrasi Pemerintah Daerah ke Arah Digital

BANDARLAMPUNG - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumolo berpesan kepada kepala daerah

Jumat, 27 Mei 2022, 13:55 WIB

Begal di Tulangbawang Todongkan Senpi ke Korban, Pelaku Berhasil Dibekuk

TULANGBAWANG – Ferdi Sumarjianto (21), karyawan PT Indo Lampung Perkasa (ILP), warga Kampung Dentemakmur, Kecamatan Denteteladas,