Disdikbud Tulangbawang Barat Deklarasikan Pendidikan Karakter
Foto: Rosid/monologis.id

TULANGBAWANG BARAT – Bertepatan dengan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) ke-76 dan Hari Guru Nasional 2021, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Tulangbawang Barat, Lampung, mendeklarasikan silabus muatan lokal (mulok) Pendidikan Karakter Tubaba.

Deklarasi berlangsung di Sekolah Dasar Negeri (SDN) 18 Tulangbawang Tengah, Kamis (25/11).

"Kami mengucapkan terimakasih kepada seluruh perumus hingga menghasilkan buku panduan menjadi mata pelajaran Pendidikan Karakter Tubaba," ungkap Kepala Disdikbud, Budiman Jaya.

Menurut Budiman, silabus mulok ini telah  menjadi bahan pelajaran khusus di sekolah yang mulai diajarkan sejak tahun ajaran 2021, dengan  harapan bisa membangkitkan dan dapat menghidupkan kembali nilai karakter kebaikan.

Saat ini, lanjut dia, melihat kondisi pendidikan sangat prihatin terutama banyak karakter generasi penerus kita yang semakin menurun, terutama nilai-nilai kesopanan, yang mana disaat mereka bertemu guru di lingkup sekolah maupun di luar, sikap mereka acuh tak acuh.

"Untuk itu, diharapkan melalui buku silabus karakter ini bisa menjadikan dan merubah karakter peserta didik menjadi lebih baik," imbuhnya.