Debat Publik Malam Ini, Bawaslu Lampung Timur Imbau Paslon Tak Bawa Contekan
Komisioner Bawaslu Lampung Timur (Foto: Istimewa)

LAMPUNG TIMUR - Bawaslu Lampung Timur kembali imbau pasangan calon (paslon) agar tidak membawa contekan saat debat publik  kedua yang akan digelar di Pusiban malam ini.

Hal itu mengacu pada debat publik pertama beberapa waktu lalu. Dimana, para paslon Bupati dan Wakil Bupati kabupaten Lampung Timur 2020 masih membawa contekan. 

Ketua Bawaslu Lampung Timur Uslih mengatakan, pihaknya sudah mengirimkan surat pencegahan pelanggaran kepada KPU Lampung Timur dengan tembusan kepada masing-masing paslon.

“Dalam surat  tersebut poin-poinnya antara lain mengimbau pasangan calon untuk tidak membawa contekan, tidak ada tumpukan kertas di atas meja masing-masing paslon dan mematuhi protokol kesehatan saat mengikuti debat,” kata Uslih melalui whatsapp, Jumat (27/11).

Lebih lanjut Uslih mengatakan, sebagai bentuk komitmen paslon dalam pencegahan dan pengendalian COVID-19 di Lampung Timur, Bawaslu juga mengimbau paslon tidak membawa rombongan pendukung agar tidak menciptakan kerumunan di luar area debat mengingat kondisi saat ini di tengah pandemi.

Debat publik kedua atau sesi terakhir ini telah dipersiapkan oleh KPU dengan luar biasa mulai dari pemilihan tempat, moderator, panelis dan dan merancang sistematika debat.

Oleh karena itu Bawaslu sangat berharap debat publik paslon Bupati dan Wakil Bupati Lampung Timur memiliki nilai untuk membangun dan meyakinkan kepercayaan masyarakat dalam membangun Lampung Timur kedepan sehingga dapat mendorong masyarakat menentukan pilihannya tanggal 9 Desember 2020 nanti.

“Kepercayaan tersebut bisa dibangun melalui kepiawaian pasangan calon dalam memaparkan visi misi dan program tanpa harus membawa contekan.  Maka dari itu Bawaslu mengimbau pasangan calon agar tidak membawa contekan saat debat, agar masyarakat Lampung Timur juga bisa menilai masing masing pasangan calon dalam debat terbuka nanti, dan debat tersebut benar-benar terasa debat bukan debat membaca," tutupnya.