Bendungan Way Bumi Nabung Lampung Utara Disulap Jadi Agrowisata
Foto: Riki Purnama/monologis.id

LAMPUNG UTARA - Bendungan Way Bumi Nabung yang dikenal Wayka di Desa Pengaringan, Kecamatan Abung Barat, Kabupaten Lampung Utara, kini berubah total. Empat  tahun lalu lokasi tersebut hanya lahan tidur. Sait ini dikembangkan menjadi taman dengan konsep agrowisata.

Kades Pengaringan, Zarkasih mengungkapkan, pemeritah desa bersama karang taruna yang menyulap lahan tidur tersebut menjadi agrowisata.

"Lahan itu dulunya terbengkalai. Kini genangan air bendungan telah dijadikan kolam ikan (keramba) dan ditanami sayur-sayuran. Prioritas utama pemerintah desa yakni pemberdayaan masyarakat," jelas Zarkasih, Sabtu (8/1/2022).

Terkait Dana Desa (DD), Zarkasih menyampaikan, untuk tahun 2022 akan fokus pada pemberdayaan berbasis potensi ekonomi, sosial dan budaya.

"Potensi bendungan akan fokus ke agrowisata melalui support Pemkab Lampung Utara kami telah menanam ratusan pohon Matoa (tanaman buah khas Papua sejenis Kelengkeng), Kelengkeng Merah, Alpukat dan buah-buahan lainnya dan untuk perikanan telah berjalan dengan baik," imbuh kades.

Zarkasih berharap, pemuda bisa ikut andil dalam mengembangkan tiga program strategis desa, yakni, pertanian dan peternakan, destinasi wisata, dan BUMDes.

"Pemuda harus terus dimotivasi agar memupuk kepercayaan diri dan jiwa kepemimpinan agar bisa menjadi pemimpin masa depan," ujarnya.

Diharapkan pula apabila pemberdayaan masyarakat dibidang perikanan dan peternakan dapat berjalan dengan baik maka dengan sendirinya kesejahteraan masyarakat dapat meningkat.

"Bicara tantangan tentu cukup sulit, terlebih membangun karakter pemuda agar memiliki produktivitas ekonomi dalam organisasi memerlukan proses namun ini bagian dari ujian," pungkas Zarkasih.