Jumat, 25 November 2022

19:23

Dinilai Miliki Prospek Baik, Distanbun Maybrat Tanam Ratusan Bibit Cabai

Sample image

Penulis

EDDWIN CHARLES FATIE

Dinilai Miliki Prospek Baik, Distanbun Maybrat Tanam Ratusan Bibit Cabai

Foto: Eddwin Charles Fatie/monologis.id

MAYBRAT - Dinas Pertanian dan Perkebunan atau Distanbun Kabupaten Maybrat, Papua Barat Daya kembali menanam ratusan bibit tanaman cabai di hamparan lahan kebun percontohan milik dinas tersebut yang berlokasi di wilayah Perkantoran Alun-alun Faitmayaf, Kumurkek Ibu Kota Maybrat, Jumat (25/11/2022).

Aksi ini dipimpin langsung Kepala Distanbun Marthen Howay. Sedikitnya 150 bibit cabai telah ditanami pada lahan eks kebun jagung tersebut.

Marthen menargetkan penanaman berikut pada areal seluas kurang lebih dua hektar tersebut bisa ditanami 400 sampai 500 bibit tanaman cabai yang sudah tersedia di media persemaian.

Menurut Kadis, komoditi cabai merupakan salah satu tanaman yang mempunyai prospek sangat baik saat ini, terutama di masa pandemi COVID-19 maupun penting untuk penanganan inflasi di daerah seperti yang dianjurkan oleh pemerintah pusat melalui presiden kepada daerah di seluruh Indonesia, termasuk di Maybrat.

Kadis juga mengapresiasi semangat Pj Bupati Maybrat yang selalu mengampanyekan gerakan menanam bersama masyarakat melalui dinas teknis untuk mengatasi dampak inflasi daerah.

"Puji Tuhan melalui dukungan Bapak Pj Bupati Maybrat, beliau memberikan suport kepada kami di Dinas teknis untuk giat melakukan kampanye kampanye penanaman di tengah-tengah warga masyarakat di Maybrat. Ini penanaman kali kedua di bulan ini setelah kita lakukan pertama bersama Bapak Pj Bupati Maybrat dan semua Forkopimda kita lakukan penanaman di Distrik Ayamaru Selatan Jaya, di Kampung Fansimar," ujar Kadis.

Marthen menambahkan lebih lanjut, meskipun dampak inflasi daerah dan covid 19 tidak terlalu terasa signifikan dampaknya di Maybrat tetapi semangat petani perlu digelorakan terus agar memastikan stok bahan pangan dalam keluarga selalu ada dan tersedia.

"Saya pikir meski tidak terlalu berdampak secara signifikan tetapi kita tetap bangkit semangat dan melakukan kegiatan kegiatan yang nyata bersama masyarakat dan seluruh stekholder kita pastikan bahwa Maybrat juga bisa,"pungkasnya. 

x
Monologis ID