Rabu, 23 November 2022

19:34

Dibuka Pj Bupati Maybrat, Yonif Raider 136 Tuah Sakti Gelar Lomba Tari Daerah dan Yospan

Sample image

Penulis

EDDWIN CHARLES FATIE

Dibuka Pj Bupati Maybrat, Yonif Raider 136 Tuah Sakti Gelar Lomba Tari Daerah dan Yospan

Foto: Eddwin Charles Fatie/monologis.id

MAYBRAT - Batalyon Yonif Raider Khusus 136 Tuah Sakti Pos Kumurkek, Maybrat, menggelar lomba tarian daerah dan yosim pancar (yospan).

Kegiatan dalam rangka menyambut hari ulang tahun (HUT) ke-18 Yonif Raider Khusus 136 Tuah Sakti, tersebut dipusatkan di Pos Komando Yonif RK 136 TS di Kumurkek, Ibu Kota Maybrat, Papua Barat Daya, Rabu (23/11/2022).

Lomba tersebut diikuti 17 tim yang mayoritasnya merupakan siswa-siswi SD, SMP, dan SMA di Aifat Raya seperti dari SD Inpres Kumurkek, SMA Negeri 1 Aifat, SMP Negeri 1 Aifat, dan SMP Negeri 2 Aifat.

Mereka dinilai oleh tiga juri yang dipilih dari kalangan pemuda, unsur Kepolisian, dan juga TNI. Para guru dari tiap sekolah antusias hadir mengikuti kegiatan tersebut dengan meriah.

Dansatgas Yonif Raider Khusus 136/Tuah Sakti, Letkol Inf Andy Aryanto mengatakan, lomba tarian daerah dan yospan merupakan salah satu dari rangkaian kegiatan yang sebelumnya telah digelar bersama masyarakat di Maybrat untuk karya bakti mereka dalam menyambut hari jadi Batalyon Yonif Raider 136 TS yang Ke-18.

"Iven ini sudah berjalan hampir kurang lebih dua minggu yang lalu, kita laksanakan ada beberapa iven yaitu pembersihan tempat wisata, kemudian karya bakti bersama pemerintah daerah dan juga komponen masyarakat yang lainnya," ujar Andy.

Kali ini menurut Andy, lomba tarian daerah dan yospan sengaja dipilih untuk menumbuhkan dan memotivasi minat bakat siswa-siswi, sekaligus menanamkan rasa kecintaan terhadap nilai-nilai budaya agar tetap terjaga.

"Kami juga menampilkan beberapa karya mama mama Maybrat untuk kita promosikan kepada masyarakat luas bahwa Maybrat ini banyak yang harus kita promosikan keluar," kata Danstagas.

Andy mengaku bangga melihat antusiasme para siswa pada kegiatan lomba tersebut. Begitupun warga masyarakat yang berdatangan mengikuti secara saksama jalannya kegiatan perlombaan yang dilakukan dari awal hingga selesai.

"Saya lihat mereka sangat luar biasa, dan budaya ataupun tariannya juga luar biasa dan patut kita kembangkan," tegas Andy.

Ia menambahkan bahwa kurang lebih 9 bulan di Maybrat, pihaknya selalu melakukan pendekatan bersama masyarakat dengan mengedepankan pendekatan hati yang diimplementasikan dalam bidang pendidikan, kebudayaan, dan kesetaraan yang merupakan fokus dari pada Batalyon Yonif Raider Khusus 136/TS.

"Disinilah bukti nyata kami. Kami mengabdikan diri bersama seluruh komponen masyarakat dan pemerintah daerah Maybrat, kami berkolaborasi selalu untuk membangun Maybrat," ungkapnya.

Dirinya berharap Kabupaten Maybrat terus aman dan lebih maju lagi kedepannya.

Penjabat (Pj) Bupati Maybrat, Bernhard Rondonuwu turut menghadiri upacara pembukaan kegiatan lomba tersebut. Rondonuwu membuka kegiatan  dengan membunyikan tifa sabanyak tiga kali.

Ia mengaku sangat bangga sekaligus berharap kegiatan yang dilakukan Yonif Raider 136 Tuah Sakti menjadi contoh baik yang bisa ditiru oleh semua kalangan, terutama dalam menyambut setiap momentum yang datang.

x
Monologis ID