Rans Cilegon dan Dewa United Lirik Banten International Stadium Jadi Home Base
Foto: Istimewa

SERANG – Dua klub yang baru promosi ke Liga 1 Rans Cilegon FC dan Dewa United menyatakan minat Banten International Stadium (BIS) sebagai home base.

Gubernur Banten Wahidin Halim mengungkapkan, perkembangan pembangunan BIS saat ini sudah mencapai 89% lebih. 

“Semoga Maret 2022 sudah mencapai 100%,” ungkap Wahidin kepada wartawan, Kamis (30/12).

Wahidin menjelaskan, manajemen kedua klub sudah meninjau dan pembicaraan awal untuk menjalin kerjasama terkait stadion bertaraf Internasional yang bakal menjadi kebanggaan masyarakat Banten tersebut.

"Raffi Ahmad juga sudah bicarakan soal ini. Kita lihat kedepannya nanti," ungkap Wahidin.

Sebagai informasi, pembangunan Banten International Stadium di Kawasan Sport Center Provinsi Banten ini melibatkan 800 orang pekerja dengan menerapkan disiplin Protokol Kesehatan yang ketat. Setiap karyawan yang masuk dilakukan skrining.

Stadion yang dibangun dengan nilai kontrak Rp 874 miliar itu memiliki luas bangunan 78.116 meter persegi dan terdiri dari lima (5) lantai. Dibangun di atas lahan seluas 60 hektar, stadion ini bakal dilengkapi dengan venue-venue olahraga lainnya.

Banten International Stadium yang dibangun di Kelurahan Kemanisan  Kecamatan Curug Kota Serang itu dibangun dengan standar FIFA (Federation Internationale de Football Association), Asosiasi Federasi Sepak Bola Internasional. Lapangan bola menggunakan rumput jenis Zoysia Matrella yang diimpor dari Italia, jenis rumput lapangan sepak bola yang menjadi standar FIFA.