Direktur Upacara Pembukaan Olimpiade Tokyo 2020 dipecat Karena Lelucon Holocaust
Kentaro Kobayashi terlihat di frame foto pada konferensi pers di Tokyo pada 9 Desember 2019. (foto : kyodo/AP File)

Bandar Lampung - Direktur upacara pembukaan Olimpiade Tokyo 2020,  dipecat Kamis (22/7) karena lelucon Holocaust yang dibuatnya selama pertunjukan komedinya di  tahun 1998. Kobayashi, 48 tahun. adalah mantan anggota duo komedi Bernama Rahmens, dengan materi menggali humor Holocaust muncul videonya secara online. Meski belum jelas siapa pengunggahnya. Video ini langsung mendapat kecaman dari kelompok-kelompok Yahudi seperti Simon Wiesenthal Center di Los Angeles setelah muncul di Twitter.

Kobayashi menggunakan frasa "Ayo bermain Holocaust" dalam aksinya, kata ketua panitia penyelenggara Seiko Hashimoto dalam sebuah pernyataan seperti dilansir dari nbcnews.com.

 

Seiko Hashimoto merupakan chief Komite Olimpiade Tokyo 2020, mengatakan bahwa dipecat saat pembukaan akan berlangsung jumat besok (23/7). Kobayashi dipecat "setelah lelucon yang dia buat di masa lalu tentang peristiwa sejarah yang menyakitkan terungkap," kata Hashimoto. Kobayashi sendiri langsung meminta maaf dan menyesali peristiwa tersebut pada kamis (22/7). "Hiburan tidak boleh membuat orang merasa tidak nyaman. Saya mengerti bahwa pilihan kata-kata bodoh saya saat itu salah, dan saya menyesalinya," ujarnya.

 

Perdana Menteri Jepang Yoshihide Suga, sebelumnya telah mendapatkan kritik atas keputusannya untuk tetap mengadakan Olimpiade di tengah pandemic. Yoshihide mengatakan kepada wartawan Kamis (22/7) bahwa "insiden ini benar-benar keterlaluan dan sama sekali tidak dapat diterima."

 

Selain kondisi pandemi yang ada, olimpiade Tokyo 2020 ini sebelumnya telah beberapa kali memecat beberapa panitia yang ada akibat beberapa kejadian.  Anggota kreatif untuk pembukaan, musisi Keigo “Cornelius” Oyamada, dipecat setelah video sesumbar dia yang telah menindas teman sekelasnya yang cacat muncul secara online.

 

Pada bulan Februari, presiden komite Olimpiade Yoshiro Mori, dipaksa keluar setelah dia mengatakan pejabat olahraga wanita terlalu banyak bicara selama pertemuan. Sebulan kemudian, direktur kreatif asli Olimpiade, Hiroshi Sasaki, digulingkan karena membandingkan selebriti Jepang Naomi Watanabe dengan babi.

 

Bahkan sebelum kepergian Kobayashi diumumkan,  pada hari Jumat lalu.  Surat kabar nasional  terkemuka di jepang, Asahi Shimbun mengecam komite Olimpiade dengan menulis bahwa telah komite panitia olimpiade dirundung oleh serangkaian salah langkah. Festival Perdamaian sebagai tema olimpiade Tokyo 2020 ini,  akan dibuka di tengah kekacauan yang menyedihkan ini, bahkan tidak pernah dibayangkan oleh siapa pun. Demikian tulis surat kabar itu. Namun Pejabat Olimpiade Tokyo 2020, tetap mengakui bebarapa masalah itu.  tetapi mengatakan tetap bertekad untuk terus maju melaksana dan sukseskan olmpiade ini. 

 

"Kami akan mengadakan upacara pembukaan besok dan, ya, saya yakin ada banyak orang yang merasa tidak nyaman dengan pembukaan Olimpiade," kata Hashimoto.

"Tapi kami akan membuka Olimpiade besok di bawah situasi sulit ini." Lanjut Hashimoto.

 

upacara pembukaan akan berlangsung di Stadion Olimpiade Tokyo pukul 7 pagi Jumat (23/7) tanpa penonton. karena krisis Covid-19 yang sedang berlangsung dan keadaan darurat yang saat ini diberlakukan di Tokyo. Sementara stadion yang memiliki kapasitas  68.000 orang tersebut,  akan diisi sekitar seribu atlet dan ofisial yang siap mendukung lebih dari 200 negara. Kemudian akan dihadiri beberapa pejabat termasuk Ibu Negara dari Amerika Serikat Dr. Jill Biden, yang memimpin delegasi Amerika. Serta Kaisar Jepang Naruhito.