Kategori

Nusantara     Papua    

Jumat, 16 April 2021, 22:48 WIB

Tokoh Papua: Kekejaman KKB Mencoreng Wajah Adat

Master Admin Penulis
Master Admin
Tokoh Papua: Kekejaman KKB Mencoreng Wajah Adat

Yanto Eluay (Foto: Istimewa)

JAYAPURA - Tokoh Adat Papua, yang juga merupakan Ondofolo Sentani, Yanto Eluay, mengatakan, serangkaian kekejaman yang dilakukan oleh KKB terhadap guru, tukang ojek, dan anak sekolah di Kabupaten Puncak, melanggar norma adat dan mencoreng wajah adat.

“Menyikapi beberapa peristiwa yang terjadi saat ini di Kabupaten Puncak, kami sangat menyesalinya. Kami masyarakat Papua adalah masyarakat adat sehingga apa yang dilakukan oleh pelaku dalam hal ini KKB merupakan pelanggaran terhadap adat,” tuturnya di Sentani, Jumat (16/04).

Yanto Eluay menegaskan, kepada para pelaku kriminal bersenjata (KKB) yang melakukan gangguan keamanan di Kabupaten Puncak untuk segera menghentikan aksinya yang tidak berperikemanusiaan itu. Karena adat tidak membenarkannya.

“Kami minta untuk KKB segera hentikan segala perbuatan yang telah mengakibatkan jatuhnya korban dan hilangnya nyawa tak berdosa. Perbuatan KKB sangat mencemari dan mencoreng wajah kami masyarakat adat Papua,” terang Yanto Eluay.

Lanjutnya, selaku tokoh adat, pihaknya mendukung penuh kepada aparat keamanan Polri-TNI untuk menciptakan rasa aman dan harmonis di tanah Papua.

 

 

Berita Lainnya

Sosok Buya Syafii Maarif di Mata Presiden Jokowi
Kamis, 26 Mei 2022, 02:04 WIB

Hidup Sebatang Kara, Warga Pandeglang Idap Penyakit Perut Membesar

PANDEGLANG – Sudah hampir dua bulan Sarman (28) menderita penyakit perut membesar atau Ascites Masiiv es Fatty Liver Avoholic.

Rabu, 25 Mei 2022, 22:51 WIB

Pj Bupati Bekasi Hadiri Paripurna Penetapan Keputusan DPRD Terhadap LKPj

BEKASI - Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan menghadiri rapat paripurna dalam rangka penetapan keputusan DPRD terhadap Laporan Keterangan

Rabu, 25 Mei 2022, 21:54 WIB

Plh Kakanwil Kemenkumham Banten Sidak Bapas Serang

SERANG - Plh Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Banten, Masjuno melakukan inspeksi mendadak

Rabu, 25 Mei 2022, 21:52 WIB

Optimalisasi Timpora Dalam Pengawasan Orang Asing di Banten

SERANG – Divisi Keimigrasian Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Banten menggelar Coporate University