Sebanyak 2020 KPM di Maybrat Akan Terima Bansos Beras Melalui PKH
Foto: Eddwin Charles Fatie/monologis.id

MAYBRAT - Terdata ada sebanyak 2020 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Kabupaten Maybrat yang akan menerima bantuan sosial (Bonsos) berupa beras dari Program Keluarga Harapan (PKH) yang disalurkan melalui Dinas Sosial Kabupaten Maybrat, Papua Barat.

Bantuan yang mana telah dilauncing mulai dari Kumurkek Distrik Aifat oleh Kepala Dinas Sosial Makdalena Tenau ini rencananya akan disalurkan ke 14 Distrik yang tersebar di Kabupaten Maybrat

Makdalena mengatakan, bantuan yang sebelumnya disalurkan hanya untuk 5 Distrik di tahun 2016, kini meningkat jadi 14 Distrik. Bansos tersebut, kata dia, diberikan untuk tiga bulan seklaigus, tiap bulan Per KPM menerima 15 kilogram jadi totalnya 45 kilogram.

"Jadi ini kita salurkan kepada setiap KPM peroleh 15 kilogram, karena mereka terima untuk tiga bulan sehingga 45 kilogram totalnya," ujar Makdalena Tenau di Kumurkek, Kamis (22/10)

Tak hanya beras, kata Makdalena, Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dari Program Keluarga Harapan (PKH) di Maybrat selama ini juga telah menerima secara rutin bantuan berupa uang tunai tiap triwulan oleh Pemerintah Pusat memalui Kementrian Sosial dengan menggunakan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS)

"KPM PKH ini secara rutin juga mereka sudah terima dengan mengunakan KKS dimana tiap triwulan mereka gesek ambil uang di ATM, dan kini oleh Pemerintah Pusat melalui Kemensos RI menambah lagi dengan besar 15 Kg Per KPM karena tiga bulan jadi 45 Kg semua," terang Makdalena.

Karena bantuan tersebut sifatnya sementara hanya membantu warga di masa pandemi COVID-19, Makdalena juga mengimbau agar masyarakat tetap berkebun dengan memanfaatkan makanan lokal yang ada untuk membantu bertahan hidup di masa pandemi ini.

"Kepada semua KPM yang ada, karena bantuan ini sifatnya sementara baik dari Pemerintah Pusat, Provinsi, Kabupaten/Kota, kami mengimbau agar masyarakat tetap berkebun, tokok sagu, dan berburu supaya ketersedian pangan selalu ada di masa pandemi COVID-19 ini,” harapnya.

Terpantau, kegiatan launcing di Kantor Distrik Aifat Kabupaten Maybrat yang dipimpin langsung Kepala Dinas Sosial Kabupaten Maybrat Makdalena Tenau ini pun berlangsung dengan sukses hingga selesai. Selanjutnya akan disalurakan kepada tiap KPM yang ada di Distrik lainya.