Polda Jambi Tambah CCTV Cegah Karhutla
Istimewa

JAMBI - Untuk mengantisipasi terjadinya kebarakaran hutan dan lahan (karhutla), Polda Jambi akan menambah CCTV baru yang akan dipasang di hutan lindung gambut yang berada di Tanjungjabung Timur dan Muarojambi.

“Selain itu, ada tujuh lokasi yang sudah terpasang CCTV, yakni di Betungkumpeh, Suakkandis, Sungaiaur di Kabupaten Muarojambi. Kemudian Sungaijeruk, Rantauindah di Tanjungjabung Timur dan di Taman Hutan Rakyat (Tahura) dan di kantor Telkom Jambi,” jelas Kapolda Jambi Irjen Pol Firman Shantyabudi saat melakukan pengecekan hotspot melalui aplikasi Asap Digital di Ruang Command Center Lantai 1 Gedung Utama Mapolda Jambi, Rabu (19/08).

Firman mengatakan, CCTV ini bakal digunakan untuk mengantisipasi karhutla meluas seperti pada 2019. Dia menyebut CCTV ini bakal mempermudah pengawasan karhutla.

"Jadi setiap ada asap yang terpantau di kamera CCTV ini petugas di command center dan satgas Karhutla yang terdekat dapat monitor dan langsung melakukan pemadaman sebelum kebakaran itu meluas. Ini suatu antisipasi pencegahan dini agar peristiwa karhutla di tahun lalu tidak terulang kembali di Jambi," ujar Firman.

Operasi antisipasi karhutla dimulai sejak 1 Juli lalu dan saat ini Jambi sedang dalam status siaga darurat karhutla. Antisipasi karhutla ini dilakukan bersama oleh tim Satgas Karhutla dari TNI/Polri, BPBD, Damkar, Manggala Agni, Dinas Kehutanan, serta masyarakat peduli api yang sudah terbentuk.

Kapolda melalui Kabid Humas Polda Jambi, Kombes Pol Kuswahyudi Tresnadi mengatakan pengecekan ini merupakan kegiatan rutin dan berkala untuk melihat langsung situasi karhutla yang ada di Jambi.

“Ini pengecekan biasa dan rutin, melihat kesiapan personel dalam monitoring karthula di jambi melalui Asap Digital,” jelas Kabid Humas.