Jumat, 14 Oktober 2022

15:24

Kelurahan Kilasah Berikan Bantuan Untuk Anak Terindikasi Gizi Buruk

Sample image

Penulis

ANDRE NANDA SAPUTRA

Kelurahan Kilasah Berikan Bantuan Untuk Anak Terindikasi Gizi Buruk

SERANG – Kelurahan Kilasah, Kecamatan Kasemen, Kota Serang, Banten, memberikan bantuan kepada enam anak yang terindikasi terdampak gizi buruk.

“Ini merupakan arahan langsung dari Wali Kota Serang yangmenginstruksikan Camat maupun Lurah serta masyarakat untuk melakukan pelaporan dan pendataan kesehatan masyarakat dengan sigap. Untuk memastikan pertolongan pertama dari Pemerintah kepada masyarakat bisa cepat,“ ujar Lurah Kilasah Mansyur, Kamis (13/10/2022).

Mansyur mengatakan pihaknya dibantu oleh kader dan tenaga kesehatan dari Puskesmas Kilasah, memberikan bantuan berupa makanan tambahan seperti beras, susu, telur, sayur, daging ayam, kacang kijau, minuman buah, biskuit, dll.

“Kita sudah koordinasi dengan para kader dan tenaga kesehatan dari puskesmas jadi bantuan yang kami berikan kepada anak terindikasi gizi buruk memenuhi unsur 4 Sehat, 5 Sempurna,“ kata dia.

Mansyur bercerita bahwa bantuan ini akan diadakan dalam beberapa tahap dan pada tahap berikutnya sudah ada pendataan sebanyak 8 orang anak yang terindikasi gizi buruk.

“Ini baru tahap 1, pada tahap kedua nanti sudah ada 8 orang anak terindikasi gizi buruk yang sudah menunggu untuk mendapat bantuan,” ungkap Mansyur.

Ditanya mengenai faktor-faktor penyebab gizi buruk yang ada di wilayah yang dipimpinnya Mansyur mengatakan bahwa Kurangnya pengetahuan orang tua terhadap pola makan sehat dan gizi seimbang merupakan penyebab umum kurangnya gizi pada anak.

“Yang kedua kondisi sosial ekonomi keluarga yang kurang baik juga bisa menyebabkan anak kekurangan gizi. Hal ini karena porsi dan jenis makanannya tidak memenuhi kebutuhan gizi dalam waktu lama,” ujarnya.

Dan yang terakhir lingkungan yang tidak bersih juga dapat menyebabkan anak mengalami kekurangan gizi, sebab lingkungan yang kotor bisa membuat anak terserang beragam penyakit.

Namun, Mansyur berharap dengan adanya bantuan yang diberikan akan ada perubahan kedepannya sehingga tidak ada lagi anak-anak di wilayah Kelurahan Kilasah yang terindikasi gizi buruk.

“Semoga dengan adanya bantuan akan ada perubahan, tidak ada lagi anak-anak di Kelurahan Kilasah yang terindikasi gizi buruk, kedepannya juga kita akan sosialisasikan kepada orang tua supaya tau mengenai asupan untuk anak supaya gizi nya terpenuhi,” tutup Mansyur.

x
Monologis ID